Xandra Junia In
Xandra Junia In
Ilustrasi Tidak Menyukai Seseorang (freepik)

Dalam kehidupan, seseorang bisa disukai maupun tidak oleh orang lain. Alasan untuk tidak disukai tersebut bermacam-macam. Misalnya, karena tidak sesuai dengan seleramu atau terlalu kurang masuk akal. 

Akibatnya, kamu merasa kesal bahkan bisa berujung benci. Nah, guna menghindari perbuatan yang tidak-tidak, kamu bisa melakukan 4 hal ini saat sedang tidak suka dengan seseorang.

1. Lewati saja

Saat orang lain mengunggah sesuatu yang terlihat aneh bagimu, lebih baik lewati saja. Kamu mungkin cenderung ingin memberikan respon dan bisa saja negatif. Lalu, orang itu akan merasa kecewa dan sedih. 

Dalam hal ini, tidak peduli jauh lebih berarti daripada memberi komentar jahat. Kamu tidak tahu tekanan apa yang dirasakan orang itu. Terlebih banyak dari mereka yang mengakhiri nyawanya akibat kata-kata kasar. 

Jadi, meskipun kamu tidak menyukainya, jangan sampai menuai kebencian yang terlalu dalam, ya. Lakukan metode DLL (diam, lewati, lupakan).

2. Tidak membuka diskusi

Dikarenakan kurang berani memberi komentar jahat secara langsung, kamu membagikannya kepada orang lain. Misalnya, status pada media sosial yang berbeda atau grup orang-orang terdekat. Hal seperti itu bisa disebut sebagai diskusi.

Kamu seolah-olah memberi topik untuk membahas postingan orang tersebut yang mungkin merupakan privasi baginya. Hal ini juga dapat menjadi sebuah ajakan dalam membenci seseorang. Bukankah berarti kamu telah melakukan hal buruk?

3. Memberi saran

Daripada memberi komentar jahat, kamu bisa menyarankan sesuatu pada orang tersebut. Tentunya dengan bahasa yang sopan. Jangan sampai menggunakan kata-kata yang mengundang keributan. 

Namun, kamu tetap perlu berhati-hati, karena masih banyak yang kurang bisa menerima saran dari orang lain. Jadi, begitu hal tersebut terjadi, lebih baik tinggalkan saja. Daripada membuatmu semakin tidak menyukainya, kan?

4. Tidak meneror

Kurang berani untuk memberi komentar buruk, kamu memilih untuk menerornya dengan membuat akun lain. Cara seperti ini memang akan lebih menyenangkan hatimu. Namun, tidak membuatmu menjadi hebat. Justru kamu terlihat seperti pengecut, karena hanya mampu beraksi melalui akun anonim.

Itulah keempat hal yang bisa dilakukan saat sedang tidak suka dengan orang lain. Meskipun perilakunya mengundang emosi, jangan sampai membuatmu berbuat yang tidak-tidak, ya!