Desyta Rina Marta Guritno
Desyta Rina Marta Guritno
Ilustrasi Promosi di Media Sosial (Pixabay/MarieXMartin)

Sebagai creator suatu karya tentu ingin karyanya dikenal orang banyak, salah satu caranya adalah dengan mempromosikan karya tersebut. Sudah promosi karya tapi belum ada peningkatan? Mungkin cara yang kamu gunakan belum efektif, bisa jadi karya tersebut tidak sampai ke sasaran yang tepat atau cara promosi yang kurang menarik.

Berikut ini adalah 5 cara efektif untuk mempromosikan karya.

1. Media Sosial

Pertama mulailah dari circle yang paling mudah kamu jangkau, bagikan karyamu ke media sosial pribadimu. Meskipun kebanyakan hanya berisi orang terdekat, bukan berarti itu tidak akan membuat karyamu terkenal. Kalau mereka suka dengan karya tersebut dan turut membagikannya juga, maka semakin banyak orang yang akan tahu. Lagipula media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter kan bisa dilihat semua orang.

2. Komunitas

Selanjutnya adalah ke komunitas, mungkin kamu bergabung dalam suatu komunitas fotografi atau penulis novel, intinya kalian sama-sama membuat karya tertentu, kamu bisa membagikannya disana. Meskipun sama-sama sebagai kreator, bukan berarti mereka hanya terus-terusan memproduksi karya, mereka juga masih menjadi penikmat.

3. Lakukan Secara Rutin

Pada masa awal-awal promosi, mungkin kamu belum mendapat hasil yang maksimal. Namun, jangan berhenti disitu. Seseorang yang awalnya tidak tertarik, tapi karena terus melihat promosimu yang selalu muncul, mereka jadi penasaran dan akhirnya akan melihat karya-karyamu.

4. Buat Konten Menarik

Sebagai media promosi, buatlah suatu konten yang menarik. Misalnya dengan menggunakan video, foto, ilustrasi, dan lain-lain. Semakin menarik konten yang kamu buat, maka semakin besar pula peluang orang untuk melihat karyamu.

5. Adakan Giveaway

Cara ini bisa dilakukan kalau jumlah orang yang mengenal karyamu sudah lumayan banyak, untuk memperbanyak lagi, kamu bisa mengadakan giveaway kecil-kecilan. Ini juga sebagai bentuk menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang menikmati karyamu. Dengan begini mereka akan merasa diperlakukan spesial dan dekat denganmu.

Itulah 5 cara efektif untuk mempromosikan karya, tentu cara-cara diatas tidak menjamin seratus persen. Tapi kerja keras dan konsistensi tentu tidak akan mengkhianati hasil, selamat mencoba!

Komentar