Aditiya Pratama
Aditiya Pratama
Tim bulu tangkis Indonesia di Sudirman Cup 2021, Pada Senin (27/09). (Foto/PBSI)

Tim bulu tangkis Indonesia akan menghadapi Malaysia di perempat final Piala Sudirman 2021. Hal itu diketahui seusai drawing babak perempat final digelar, Kamis (30/9/2021) malam WIB.

Indonesia sendiri lolos ke babak perempat final dengan status juara Grup C dengan mengoleksi 3 kemenangan atas NBFR 5-0, Kanada 3-2, dan Denmark dengan skor 3-2.

Sedangkan Malaysia lolos setelah menempati peringkat kedua Grup D dengan kemenangan atas Mesir 5-0 dan Inggris 3-2. Satu-satunya kekalahan Malaysia terjadi ketika berhadapan dengan Jepang dengan skor 4-1.

Pertandingan Indonesia vs Malaysia di babak perempat final akan dihelat di Energia Areena pada Jumat (1/10/2021) pukul 20.00 WIB.

Tunggal Putra Indonesia Wajib Berbenah

Jelang pertemuan menghadapi Malaysia, Indonesia harus segera berbenah khususnya di sektor tunggal putra yang mengalami penurunan performa dengan mengalami kekalahan di laga penyisihan Grup C. Dua pemain yang kini sedang dalam sorotan yakni, Jonatan Christie dan Anthony Ginting.

Jonatan Christie gagal menyumbangkan poin bagi Indonesia setelah mengalami kekalahan saat menghadapi pemain Kanada, Brian Yang 21-9, 20-22, 18-21. Sedangkan Anthony Ginting mengalami kekalahan dari tunggal putra Denmark, Anders Antonsen 9-21, 15-21.

Penurunan performa dari tunggal putra Indonesia mendapat komentar dari legenda hidup bulutangkis Liem Swie King. Liem menyebut dengan materi yang hanya tiga pemain tunggal putra tersebut, para pelatih harus bisa menyiapkan strategi.

"Jadi bagaimana mereka supaya bermain lebih untuk timnya. Kalau mental saya kira tak perlu dijabarkan lagi. Bagaimanapun mental Ginting dan Jonatan harusnya sudah terlatih dan teruji karena mereka sudah berpengalaman. Makanya, paling mungkin strateginya harus dibicarakan lagi dengan pelatih, harus seperti apa," kata Liem, disadur dari DetikSport.

Liem Swie King yakin dengan modal strategi yang jitu dan komunikasi yang baik dengan pelatih, maka hasilnya berpeluang besar tunggal putra bisa menyumbangkan poin bagi Indonesia. Baginya peluang juara bagi Indonesia sangat terbuka lebar jika Indonesia bisa menemukan strategi yang tepat.

Prediksi Susunan Pemain Indonesia:

  • MD: Kevin/Marcus
  • WS: Gregoria Mariska
  • MS: Anthony Sinisuka Ginting
  • WD: Greysia Polii/Apriyani Rahayu
  • XD: Praveen Jordan/Melati Daeva

Komentar