Afsal Muhammad
Afsal Muhammad
Romelu Lukaku (Instagram/romelulukaku)

Romelu Lukaku dan Eden Hazard terpaksa melewatkan pertandingan Belgia melawan Italia di turnamen perempat final UEFA Nations League pada Minggu (9/10/2021), karena muscle overload atau kelebihan beban progresif. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Pelatih Belgia Roberto Martinez.

Setelah kalah dari Prancis di semifinal UEFA Nations League pada Kamis (7/10/2021) lalu, Belgia malam nanti harus menghadapi tim juara Eropa Italia di Stadion Juventus. Mereka harus berjuang demi mengamankan tempat ketiga.

“Romelu Lukaku menderita kelebihan otot, sama seperti Eden Hazard,” kata Martinez dikutip dari Reuters pada konferensi pers pada Sabtu (8/10/2021).

Martinez menilai, kedua pemain itu tidak berada dalam kondisi terbaiknya. Bahkan, Romelu Lukaku dan Edem Hazard telah meninggalkan kamp pelatihan.

"Mereka tidak dalam kondisi terbaik untuk bermain. Mereka meninggalkan kamp tim nasional karena masalah ini. Saya tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi mereka untuk pulih," imbuh dia.

Martinez juga mengatakan, Lukaku akan kembali ke Belgia lebih dulu. Dia juga menegaskan bahwa tidak ada masalah apabila striker itu pulang lebih dulu.

"Jelas ada pemahaman yang sangat baik antara dua set staf medis dan kami ingin melakukan yang terbaik untuk pemain. Setiap keputusan juga dibuat berdasarkan kesepakatan dengan klub," ungkap dia.

Belgia tetap menjadi negara dengan peringkat nomor satu oleh badan sepak bola dunia FIFA. Itu adalah posisi yang dapat terpengaruh jika mereka kalah dari Italia di Turin malam nanti.

"Kami telah menjadi yang pertama selama tiga tahun dan kami ingin mempertahankan tempat pertama ini. Itu selalu menjadi tujuan kami," tambah Martinez.

Akan tetapi, lanjut Martinez, pihaknya akan tetap melawan Italia meskipun tanpa Romelu Lukaku dan Eden Hazard. Ia mengaku ingin menguji tim yang diasuhnya.

"Besok malam melawan Italia, melawan juara Eropa, kami ingin menguji diri sendiri dan belajar," tutup dia.

Untuk diketahui, kelebihan beban progresif adalah metode latihan kekuatan yang menganjurkan peningkatan bertahap dari stres, yang ditempatkan pada sistem muskuloskeletal dan saraf.

Bagaimana hasil Italia vs Belgia nanti malam?

Komentar