facebook

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Webinar Covid-19 di Era New Normal

Andini Sulistya
Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Webinar Covid-19 di Era New Normal
Webinar webinar Penanganan Covid-19 di Era New Normal dalam Bidang Psikologi dan Medis oleh kelompok KKN 134 Cirebon UIN Walisongo Semarang

Mahasiswa KKN Reguler 75 Dari Rumah UIN Walisongo Semarang Kelompok 134 mengadakan kegiatan webinar Penanganan Covid-19 di Era New Normal dalam Bidang Psikologi dan Medis, Sabtu (7/11/2020).

Kegiatan ini di sampaikan oleh Wening Wihartati, S. Psi, M. Psi, dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo sebagai narasumber pertama yang membahas penanganan dalam perspektif psikologis.

Kemudian narasumber kedua di sampaikan oleh Harry Tony Rachman, S. Kep. Ners yang merupakan pegawai UPTD salah satu puskesmas di daerah Watubelah yang membahas penanganan dalam bidang medis.

Wening Wihartati menyampaikan pandemi Covid-19 merupakan bencana non alam yang berdampak pada kondisi kesehatan jiwa dan psikososial setiap orang.

New normal diartikan sebagai cara hidup baru untuk beradaptasi dengan Covid-19 dengan tetap menjaga kebersihan, menjaga jarak, memakai masker, hingga menjaga kesehatan fisik. Selain kesehatan fisik, mempersiapkan mental dan menjaganya agar tetap sehat juga sangat penting. Banyaknya tantangan yang akan dihadapi saat pandemi mengakibatkan respon psikologis yang beragam.“ Lanjut Wening Wihartati.

Setelah pembahasan materi mengenai penanganan Covid-19 dalam bidang psikologis selesai, kemudian pemateri kedua yaitu Harry Tony Rachman menyampaikan penanganan dalam bidang medis.

“Perihal pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 mendahului pemaparannya dari asal mula COVID-19 muncul. Saat ini Wabah Coronavirus Disease (Covid-19) menjadi Isu kesehatan yang paling menghebohkan seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan WHO menyebut virus corona baru (Covid-19) dapat bertahan selama beberapa jam, bahkan beberapa hari dan dapat bertahan hidup di suhu 26-27 derajat celcius.“ Terang Harry Tony Rachman.

Selain itu, Harry Tony menyampaikan “apabila ada seseorang yang mengalami gejala mulai dari ringan, sedang dan berat bisa langsung menghubungi atau cari dalam layanan yang telah dipersiapkan pemerintah dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Tetap bersabar dan mensyukuri apa yang kita punya menjadi kunci keberhasilan kita melewati fase pandemic ini”.

Webinar ini diselenggarakan melalui aplikasi Google Meet dan dihadiri oleh berbagai kalangan, diadakannya webinar ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam penanganan Covid-19 khususnya dalam bidang psikologi dan medis serta mampu menerapkan hidup bersih dan sehat di situasi pandemi ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak