facebook

Pelatihan Pembuatan Games Interaktif Melalui LearningApps Group Assignment

Siti Raihani
Pelatihan Pembuatan Games Interaktif Melalui LearningApps Group Assignment
Dokumentasi pelatihan bersama guru TK Labshool UPI Purwakarta (Doc/raihanii),

Saat ini, beberapa negara termasuk salah satunya negara Indonesia sedang terdampak Covid-19. Semenjak adanya virus Covid-19, pemerintah memberikan kebijakan bahwa seluruh aktivitas yang dilakukan di luar rumah dan bertemu banyak orang seperti bekerja maupun belajar di sekolah menjadi dilakukan secara daring atau dilakukan dari rumah. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai penularan dari Covid-19.

Kemajuan teknologi di zaman yang terus berkembang ini telah merubah sistem dalam proses pembelajaran di bidang pendidikan. Dengan adanya teknologi, proses kegiatan pembelajaran tetap dapat dilakukan tanpa perlu bertemu secara langsung melainkan melalui virtual. Pada situasi saat ini juga, guru dikatakan berhasil dalam mengajar apabila memiliki kemampuan berinovasi dalam merancang metode pembelajaran serta membuat media pembelajaran yang baik dan tentunya menyenangkan.

Oleh karena itu, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta membuat kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu “E-Comic Inservice Training Antisipasi Transformasi Digital untuk PAUD”. Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di PAUD, sehingga guru mampu berinovasi dalam membuat media pembelajaran yang berbentuk komik digital. Pelatihan pembuatan games interaktif dengan menggunakan aplikasi LearningApps Group assignment ini merupakan bagian dari program kegiatan PKM e-comic tersebut.

Siti Raihani Sholehah, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta dari program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini adalah salah satu peserta KKN Tematik yang mengikuti dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul “E-Comic Inservice Training Antisipasi Transformasi Digital untuk PAUD” yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, dari tanggal 30 Mei 2021 – 28 Juli 2021.

Dalam kegiatan PKM ini, Siti Raihani Sholehah menjadi seorang tutor dalam pelatihan membuat games interaktif dengan menggunakan aplikasi LearningApps Group assignment pada dua orang guru TK Labschool UPI yang beralamat di Jalan Baru Blok Mawar II No. 24, RT. 70/RW. 8, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. Selama pandemi Covid-19, proses pembelajaran di TK Labschool UPI Purwakarta dilakukan secara jarak jauh. Guru dan peserta didik menghadapi beberapa kendala salah satunya yaitu media yang digunakan cenderung monoton karena masih berupa kertas gambar dan buku, sehingga motivasi serta minat belajar yang dimunculkan peserta didik sangat kecil. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu mengembangkan potensi serta kreativitas guru PAUD dalam membuat media games interaktif yang menyenangkan melalui aplikasi LearningApps Group assignment.

Aplikasi LearningApps Group assignment ini, dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengembangan keterampilan berpikir anak dalam mengklasifikasikan atau mengelompokkan objek gambar berdasarkan bentuk, jenis ataupun fungsi yang disesuaikan dengan tema pembelajaran yang akan diajarkan. Untuk membuat games pada LearningApps Group assignment dapat diakses melalui situs web learningapps.org, sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan sebagai salah satu media pembelajaran selama pandemi Covid-19.

Gambar hasil games interaktif yang sudah dibuat oleh guru TK Labschool UPI Purwakarta dengan menggunakan LearningApps Group assignment.
Gambar: hasil games interaktif yang sudah dibuat oleh guru TK Labschool UPI Purwakarta dengan menggunakan LearningApps Group assignment.

Adapun kegiatan yang dilakukan selama pelatihan ini yaitu tutor memberikan pemaparan tentang cara membuat akun serta cara penggunaan LearningApps Group assignment pada guru. Kemudian, guru diarahkan untuk mencoba menggunakan LearningApps Group assignment terlebih dahulu. Selanjutnya, guru mencoba membuat soal dengan menggunakan LearningApps Group assignment. Setelah itu, tutor bersama guru melakukan uji coba games yang sudah dibuat.

“Alhamdulillah kegiatan pelatihan ini sangat menarik sekali untuk dijadikan hal-hal baru yang menantang untuk kami. Sehingga ini menjadi pengalaman yang sangat luar biasa untuk membangun pembelajaran yang lebih baik lagi juga lebih inovatif lagi. Dengan media ini, kita bisa menggali potensi bahwa pembelajaran di PAUD sekarang itu sangat bisa dibawa digital” Tutur Ibu Cica Sri Oktapiani, S.Pd sebagai guru TK Labschool UPI Purwakarta.
 
Penulis:
Siti Raihani Sholehah (1801385), (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, UPI Kampus Purwakarta)
Dr. Hayani Wulandari, M.Pd (DPL Kelompok 54)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak