facebook

KKN BTV3, Mawa UNEJ ini Mengangkat UMKM Sebagai Potensi Desa

Ilzam
KKN BTV3, Mawa UNEJ ini Mengangkat UMKM Sebagai Potensi Desa
Dokumentasi Kelas KKN Edukasidi Desa Sumberkedawung.

KKN Back To Village 3 alias BTV3 resmi mahasiswa Universitas Jember diterjunkan pada 11 Agustus-9 September 2021 dalam rangka pengabdian terhadap masyarakat desa. Adanya berita pandemi Covid-19 yang semakin menyebar pesat, LP2M UNEJ resmi memutuskan untuk KKN atau Kuliah Kerja Nyata periode 2021 semester ganjil ini diselenggarakan di desa asal salah satu mahasiswa yaitu kampung halaman, dan program kerja disepakati untuk dilakukan secara individu.  

Ilzam Suji Ajikumoro sebagai mahasiswa yang mengikuti KKN BTV 3 mengambil tema Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat. Tema tersebut secara langsung berkaitan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

Survey kelayakan UMKM sebagai sasaran KKN
Survey kelayakan UMKM sebagai sasaran KKN BTV 3 UNEJ 2021

Walaupun di masa pandemi ini masyarakat tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari–hari, namun tidak sedikit juga masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Banyak berita yang beredar bahwa tidak sedikit perusahaan yang terkena dampak dengan adanya pamdemi ini, sehingga melakukan pengurangan karyawan ditempat mereka masing–masing.

Ilzam melakukan pendampingan terhadap sasaran produksi kerupuk rumahan di Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo Jawa timur. Digital marketing dan branding produk menjadi proker utama mahasiswa tersebut dalam melakukan pendampingan.  

Selain pendampingan terkait digital marketing dan branding produk, ilzam juga mengadakan kelas KKN dengan tema "Edukasi Pentingnya menjaga dan meningkatkan Imunitas tubuh bagi pelaku UMKM di masa pandemic Covid-19" yang memiliki tujuan sebagai bentuk pencegahan dalam kerentanan terpapar penyakit, supaya masyarakat sasaran dapat berwirausaha dengan lancar dan klien dapat menginformasikan kepada anggota keluarga sebagai bentuk pencegahan terpapar virus maupun penyakit. Menjaga imunitas tubuh juga sangat penting terutama dalam bentuk pencegahan dan perlindungan bagi diri sendiri, keluarga maupun mitra usaha.

Kelas KKN Edukasi Pentingnya menjaga imunitas bagi pelaku UMKM di masa pandemic covid-19 di Desa Sumberkedawung
Kelas KKN Edukasi Pentingnya menjaga imunitas bagi pelaku UMKM di masa pandemic covid-19 di Desa Sumberkedawung Kec. Leces Kab. Probolinggo

Program kerja mahasiswa KKN Back To Village dilakukan selama 30 hari, dengan program kerja pada minggu pertama, perkenalan diri, melakukan survey dan mencari informasi di lokasi KKN, wawancara dan diskusi dengan klien sasaran, menganalisis permasalahan atau kelemahan melakukan observasi dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan dan menggali potensi-potensi.

Minggu kedua, mempersiapkan materi tentang strategi terkait permasalahan atau kelemahan tersebut seperti logo, promosi online, memperkenalkan program kerja kepada klien, melatih dan memberikan informasi kepada klien.

Kegiatan minggu ketiga, mengenalkan sistem berjualan online, memantau produksi, memahami, dan belajar produksi kepada klien.

Kegiatan minggu keempat, memasarkan secara online di sosial media, mengenalkan produk ke masyarakat desa, dan membuat instagram untuk produk, evaluasi akhir, dan menyusun laporan akhir KKN Back To Village.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak