facebook

Gaon Merilis Chart Digital hingga Album untuk Tahun 2021, BTS dan IU Memimpin!

Lintang Larissya
Gaon Merilis Chart Digital hingga Album untuk Tahun 2021, BTS dan IU Memimpin!
Gaon Ungkap Chart Digital dan Album untuk 2021. (Soompi)

Soompi melansir pada Jumat (7/1/22) bahwa Gaon baru saja merilis grafik keseluruhan dari data chart digital, album, download, dan peringkat streaming untuk tahun 2021. Hasilnya didasarkan pada akumulasi data mingguan sejak Januari tahun lalu. 

Sebagai informasi, Gaon adalah platform musik dari Korea Selatan yang mengumpulkan indeks situs musik lokal utama. Beberapa nama musisi tercatat menduduki peringkat untuk beberapa kategori yang telah dikeluarkan oleh Gaon. 

Di kategori album chart, BTS mengungguli album chart pada tahun 2021 dengan 2.999.407 eksemplar yang direkam untuk single album mereka ‘Butter.’

NCT menyapu tiga dari empat tempat berikutnya di chart. NCT 127 untuk album ‘Sticker’ berada di posisi kedua dengan 2.427.559 eksemplar, diikuti oleh "Hot Sauce" NCT DREAM di No. 3 dengan 2.097.185 eksemplar.

Posisi keempat diisi oleh SEVENTEEN melalui album ‘Attacca’ yang berhasil memperoleh 2.059.073 eksemplar. Sementara untuk album ‘Universe’ dari NCT menempati posisi kelima dengan 1.630.715 eksemplar.

Di kategori digital, lagu ‘Celebrity’ milik IU menduduki puncak tangga lagu keseluruhan pada tahun 2021. Title track IU berjudul ‘LILAC’ juga berhasil menempati posisi empat. ‘Rollin’ dari Brave Girls menyusul pada posisi kedua, diikuti dengan lagu ‘Dynamite’ milik BTS yang masuk dalam chart no. 3. Peringkat lima besar kategori digital tahun 2021 ditutup oleh lagu ‘Next Level’ milik aespa.

Selanjutnya adalah kategori peringkat streaming. Lima lagu teratas pada kategori tersebut hampir sama persis dengan chart digital secara keseluruhan, kecuali ‘Next Level’ dari aespa diperingkat 4, sementara ‘LILAC’ milik IU berada di peringkat 5.

Beralih ke kategori selanjutnya. Lim Young Woong menyapu dua tempat teratas pada grafik unduhan (download) digital untuk tahun 2021, dengan lagunya ‘My Starry Love’ dan ‘Love Always Runs Away’ yang masing-masing menempati posisi 1 dan posisi 2.

Selanjutnya disusul oleh Kang Daniel untuk dua tempat selanjutnya di tangga lagi dengan ‘Antidote’ di peringkat ketiga dan ‘PARANOIA’ di posisi ke 4. Akhirnya, ‘Butter’ BTS melengkapi 5 besar dari ketegori grafik unduhan digital tahun 2021. 

Itu dia daftar keseluruhan data chart digital, album, download, dan peringkat streaming untuk tahun 2021 yang telah dirilis Gaon. Lagu dan album apa yang paling sering kamu dengarkan di tahun 2021?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak