facebook

9 Label Musik Hip Hop Korea yang Mendunia, Ada AOMG hingga DPR!

Habil Samsuri
9 Label Musik Hip Hop Korea yang Mendunia, Ada AOMG hingga DPR!
Musisi Hip Hop Korea (Soompi)

Jika berbicara tentang musik Korea, mungkin yang terlintas di kepala kita yakni K-Pop. Selain populer di Korea sendiri, K-Pop sudah banyak menerobos pasar dunia. Di balik semua itu, ada agensi atau perusahaan musik yang menaungi beberapa musisi dan penyanyi untuk mempopulerkan musik K-Pop.

Sekarang sudah banyak perusahaan musik di Korea yang mengembangkan berbagai genre sebagai ciri khasnya. Salah satu yang menarik perhatian penikmat musik yaitu hip hop. Dikenal sejak tahun 70-an, kini musik hip hop sudah bersaing dengan jenis musik lainnya di kancah musik global. Begitu pun dengan perusahaan musik yang berfokus pada jenis musik hip hop, tidak kalah bagusnya dengan perusahaan jenis musik lain di Korea. Namun tidak seperti perusahaan musik lainnya, perusahaan musik hip hop terdiri dari label-label kecil yang hanya berspesialisasi dalam genre tersebut.

Berikut ini 9 label musik hip hop Korea yang mendunia, karyanya dilirik banyak negara.

1. AOMG

Label AOMG (AOMG)
Label AOMG (AOMG)

Above Ordinary Music Group dikenal dengan sebutan AOMG. Didirikan oleh Jay Park pada tahun 2013 dan kini menjadi salah satu label musik hip hop paling trendi di industri musik Korea maupun Dunia. AOMG sendiri menaungi musik dari hip hop hingga R&B. label ini juga menaungi beberapa musisi besar, seperti Code, Gray, Kunst, Loco, Lee Hi, Coogie, dan yang terbaru yaitu Yugyeom GOT7. Baru-baru ini, Jay Park mengundurkan diri dari posisi CEO, tetapi ia masih tetap menjadi bagian dari AOMG.

2. The Black Label

Tedy Park (Soompi)
Tedy Park (Soompi)

The Black Label merupakan anak perusahaan dari YG Entertainment yang didirikan seorang produser musik terkenal yakni Teddy Park, pada tahun 2016. Sejak dibangun, label ini sudah menaungi beberapa artis hip hop, seperti Zion. T, R.Tee, dan Vince.  Namun, seiring berjalannya waktu, The Black Label memperluas daftar artisnya dengan menambahkan Jeon Somi yang memulai debutnya pada tahun 2019. The Black Label banyak terlibat dengan musik hip hop di Korea, salah satunya di acara Show Me the Money, yang menampilkan Zion. T sebagai mentor.

3. H1ghr Music Records

Label Musik Hip Hop H1ghr Music (H1ghr Music)
Label Musik Hip Hop H1ghr Music (H1ghr Music)

Label musik hip hop berikutnya ada H1ghr Music Records yang didirikan sejak 2017 oleh Jay Park dan Cha Cha Malone. Hi1ghr Music banyak menampilkan bakat yang belum ditemukan dalam musik R&B dan hip hop yang menjadi ciri khasnya. Label ini sudah menjadi rumah bagi beberapa artis ternama, termasuk rapper pH-1, Groovyroom dan Jay B GOT7. Pada tahun 2020, label tersebut merilis dua album kompilasi yang berjudul "Red Tape" dan "Blue Tape", memenangkan Label of The Year dan Music Video of The Year di Korean hip hop Awards 2021.

4. VMC

Label Musik Hi Hop VMC (Soompi)
Label Musik Hi Hop VMC (Soompi)

Vismajor Company atau VMC, awalnya dikenal dengan nama "Vismajor" pada tahun 2011, kemudian didirikan sebagai label independen pada tahun 2014, dipimpin oleh Row Digga dan Deepflow. VMC sendiri terkenal dengan beberapa album hip hop klasik dan menjadi ciri khasnya. Saat ini, VMC banyak menaungi rapper terkenal seperti Don Mills, Los, dan Rohann, DJ, insinyur, dan masih banyak lagi. Album Deepflow bertajuk "Yanghwa” yang dirilis pada tahun 2016, banyak dipuji karena membawa musik hip hop nyata kepada massa.

5. 1llionaire Records

Label Musik Hip Hop 1llionaire Records (Instagram/@1llionaire_records)
Label Musik Hip Hop 1llionaire Records (Instagram/@1llionaire_records)

1llionaire Records dibangun pada tahun 2011. Label ini telah mengendalikan musik rap selama hampir satu dekade dengan hanya tiga artis, yakni Dok2 dan The Quiett, dan Beenzino.  Di antara banyak label hip hop, 1llionaire Records menjadi yang tercepat dalam beradaptasi dengan West Coast G-funk, dan gaya khas ketiganya dengan musik trap. Bobby iKon juga pernah membawakan trek bergaya trap di tahun 2014 dan menciptakan tren hip hop besar pada tahun itu. Kesuksesan label serta grup beranggotakan tiga orang ini sudah dikenal oleh pencinta musik hip hop di dunia. Namun, sekarang sudah dibubarkan setelah Dok2 dan Beenzino mengumumkan kepergian mereka dari label tersebut pada tahun 2020.

6. Just Music

Label Musik Hip Hop Just Music (Soompi)
Label Musik Hip Hop Just Music (Soompi)

Just Music dan juga dikenal sebagai Linchpin Music, didirikan oleh Swings pada tahun 2009. Saat ini banyak menaungi artis, seperti Han Yo-han, Jimmy, dan Giriboy. Pertama kali diluncurkan pada kompetisi Mnet “Show Me the Money” dan menjadi awal ketenaran musik hip hop dengan rapper underground.  C Jamm dan Vasco yang sekarang dikenal sebagai Bill Stax, adalah dua dari banyak rapper yang menemukan kejayaan melalui pertunjukan di bawah Just Music. Namun, Bill Stax meninggalkan label pada tahun 2018. Album kompilasi label “Ripple Effect” dan “We Effect,” yang dirilis pada tahun 2014 dan 2017, dengan jelas menunjukkan ciri khas dari kepribadian musik mereka.

7. Ambition Musik

Label Music Hip Hop Ambition Musik (Instagram/@1llionaire_records)
Label Music Hip Hop Ambition Musik (Instagram/@1llionaire_records)

Ambition Musik didirikan oleh CEO 1llionaire Records, The Quiett dan Dok2 pada tahun 2016 untuk menaungi para musisi yang sedang naik daun dan mengeluarkan lagu-lagu yang berbeda dari 1llionaire Records. Awalnya, label tersebut hanya mengelola tiga rapper, yakni Kim Hyo-eun, Changmo dan Hash Swan, lalu memperbanyak daftar baru, seperti Ash Island, produser Way Ched, Leellamarz, Zene the Zilla dan Don Malik. Setelah menambahkan lebih banyak nama ke labelnya, Ambition Music mendapat penghargaan sebagai Label atau Crew of The Year di Korean hip hop Awards 2020.

8. Wavy

Colde (Instagram/@wavyseoul)
Colde (Instagram/@wavyseoul)

Wavy didirikan pada 2018 oleh penyanyi sekaligus penulis lagu, Colde ketika ia mengeluarkan EP solo pertamanya, “Wave” pada bulan September tahun itu.  Colde sering menggambarkan Wavy sebagai label yang melakukan musik yang tidak konvensional dan avant-garde dengan banyak sentuhan digital. Seperti namanya, Wavy mengingatkan pada "gelombang", berarti gelombang yang terus berubah menambah lebih banyak keragaman pada musik. Dari R&B dan hip hop hingga indie, Wavy sudah menampung tujuh artis, termasuk Colde, Apr o, Khakii, dan band Wave to Earth.

9. DPR

DPR (Instagram/@dprrem)
DPR (Instagram/@dprrem)

Daftar label hip hop terakhir adalah Dream Perfect Regime, yang dikenal dengan grup multigenre dengan koleksi seniman dan visioner dalam musik maupun seni visual.  Videografer dan musisi, DPR Ian serta anggota lain, termasuk DPR Live, Rem dan Cream yang membentuk label ini. Terkenal dengan tag watermarknya, yakni “Coming to you live”, DPR Live membawa suara studionya ke publik dengan EP “Coming to You Live” pada Maret 2017. DPR telah membangun karir yang solid sebagai label independen dan memperluas cakrawala dengan terus menunjukkan musik serta proyek yang unik nan kreatif.

Itulah 9 label musik hip -hop Korea. Apakah ada favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak