facebook

iKON Segera Comeback, Albumnya Ramah Lingkungan

Rasyi Fauzia
iKON Segera Comeback, Albumnya Ramah Lingkungan
iKON dalam poster untuk album terbaru FLASHBACK (Twitter/ygent_official)

Salah satu boy group asuhan YG Entertainment yakni iKON akan comeback dengan mini album baru berjudul "FLASHBACK". Album teranyar tersebut dijadwalkan rilis bulan depan tepatnya pada 3 Mei 2022. Dilansir dari Soompi, comeback terbaru ini akan menjadi karya iKON setelah terakhir tahun lalu merilis lagu digital "Why Why Why" pada bulan Maret dan merupakan comeback dengan album fisik setelah dua tahun lamanya sejak mini album "i DECIDE" pada Februari 2020.

iKON sudah membagikan beberapa poster termasuk poster individual sebagai rangkaian peluncuran album kali ini. Informasi mengenai rincian album juga sudah beredar dan menjadi topik hangat di kalangan fans. Hal ini dikarenakan album baru iKON diproduksi dengan materi dan konsep yang ramah lingkungan.

Dikutip dari Starnews, album fisik untuk mini album ke-4 iKON akan dirilis dalam 3 versi, yaitu versi photobook, versi digipack, dan kit. Versi photobook dirilis dalam dua tipe. Selain CD ada photobook dengan 112 halaman, post card, dan stiker, poster, dan foto polaroid. Versi digipack diluncurkan bersama booklet 20 lembar, poster, dan polaroid. Sementara versi kit terdiri dari kit yang acak, titlecard, photocard lirik, stiker, dan foto.

Album FLASHBACK iKON dibuat dengan kertas tersertifikasi FSC (International Forestry Management Council), kertas berkarbon rendah yang eco-friendly, tinta minyak kedelai, dan lapisan proteksi yang ramah lingkungan. Kit album juga menggunakan kertas tersertifikasi FSC dan plastik biodegradable (PLA), dan pengemasan vinil menggunakan resin yang ramah lingkungan berbahan mentah yang diekstraksi dari pati jagung. Selain itu, album iKON kali ini tidak dilluncurkan bersama photocard melainkan polaroid.

Salah satu member iKON yaitu Donghyuk atau DK memang telah dikenal aktif berpartisipasi dalam kampanye sustainable and zero waste living sehingga album baru iKON ini juga menjadi langkah yang sangat inovatif untuk pelaksanaan kampanye tersebut. Beberapa fans juga mengapresiasi tidak adanya photocard bersama album mengingat banyak album yang terbuang karena sekarang penggemar K-pop lebih mengincar photocard daripada album itu sendiri.

Sebuah langkah yang positif, ya. Semoga album yang eco-friendly iKON ini bisa diikuti oleh artis-artis lain untuk berkarya dengan tetap memperhatikan bumi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak