facebook

12 Hari Tayang, KKN di Desa Penari Kembali Pecahkan Rekor Film Nasional

M. Fuad S. T.
12 Hari Tayang, KKN di Desa Penari Kembali Pecahkan Rekor Film Nasional
Pencapaian film KKN di Desa Penari (Instagram/@md_entertainment)

Euforia kesuksesan film KKN di Desa Penari tampaknya masih berlanjut di hari ke 12 penayangannya untuk umum. Setelah mampu mencapai angkat sejuta penonton dalam tempo hanya tiga hari penayangan dan memecahkan rekor sebagai film Indonesia terlaris tahun 2022 pada hari ke-9 penayangan, kini film garapan sutradara Awi Suryadi tersebut kembali memecahkan rekor dunia perfilman Indonesia di hari ke-12 penayangannya untuk umum.

Disadur dari laman resmi Instagram MD Entertainment, film yang diangkat dari utas viral yang ditulis oleh akun Twitter Simple Man pada tahun 2019 lalu tersebut menorehkan dua catatan positif sekaligus di hari ke 12 penayangan, yakni mampu menembus angka 4,5 juta penonton, dan yang kedua, sekaligus menjadi film dengan genre horror-misteri terlaris sepanjang masa dalam dunia perfilman Indonesia.

Hal ini tentu merupakan sebuah hal yang patut disyukuri, bukan hanya oleh pihak MD Entertainment selaku pembuat film, namun juga oleh dunia perfilman Indonesia secara umum. Pasalnya, dengan pencapaian jumlah penonton di angka tersebut, setidaknya sebuah indikasi kembalinya para penonton ke bioskop menjadi lebih nyata, dan membangkitkan kepercayaan masyarakat luas terhadap film-film Garapan sineas dalam negeri, sehingga nantinya berimplikasi positif pada kebangkitan dunia perfilman Indonesia.

Selain itu, dengan melimpahnya jumlah penonton ini, diharapkan pula para produsen film di Indonesia akan terpacu untuk memberikan film-film dengan kualitas terbaik yang nantinya akan berkorelasi positif pula dengan peningkatan kualitas dunia perfilman Indonesia.

Pencapaian 4,5 juta lebih penonton dan juga penobatan film KKN di Desa Penari sebagai film horror-misteri paling laris sepanjang masa di dunia perfilman Indonesia sendiri bukanlah sebuah pencapaian yang mudah. Pasalnya, film yang semula dijadwalkan rilis pada bulan Maret 2020 lalu ini harus mengalami penundaan jadwal hingga lebih dari dua tahun.

Bahkan, di tahun ini, pihak rumah produksi dan pemegang hak cipta yang semula merencanakan merilis film ini pada bulan Februari, harus kembali menunda ke tanggal 30 April 2022 karena alasan strategi dan pemasaran.

Sebuah hal yang sulit, karena MD Entertainment harus bisa menjaga animo masyarakat luas untuk tetap concern dan penasaran pada film ini, meskipun harus dihadapkan dengan berkali-kali penundaan. Namun demikian, hasilnya memang tak mengecewakan.

Pasca dirilis, film ini kini menjelma menjadi film terlaris, mendapatkan jutaan penonton dalam hitungan hari, dan masuk dalam sejarah dunia perfilman Indonesia dengan menjadi film horror terlaris sepanjang masa. Selamat untuk film KKN di Desa Penari!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak