facebook

Sinopsis Film I, Tonya: Kegelapan di Balik Kesuksesan Tonya Harding

Qayla Ramadhania
Sinopsis Film I, Tonya: Kegelapan di Balik Kesuksesan Tonya Harding
Cuplikan Film Tonya Harding (imdb)

I, Tonya adalah film komedi gelap olahraga yang diangkat dari kisah nyata mantan pemain skating, Tonya Harding. Dibintangi oleh Margot Robbie, Sebastian Stan, Allison Janney, dan masih banyak lagi. Sebelum menonton film, ada baiknya kamu membaca sinopsis film I, Tonya di bawah ini.

Sinopsis I, Tonya

Tonya Maxine Harding. Ayahnya meninggalkannya pada ibunya yang kejam, LaVona Golden. Dia dipaksa bermain seluncur es oleh ibunya dimulai dari dia berumur empat tahun. Orang tua Tonya membiarkan Tonya fokus pada karir skatingnya saat dia beranjak dewasa dengan membiarkannya keluar dari sekolah. 

Tak butuh waktu lama bagi Tonya untuk menjadi salah satu skater figur terbaik di Amerika Serikat, tetapi terhambat oleh reputasinya sebagai "sampah putih", kostum buatan sendiri, dan pilihan musik pertunjukan yang tidak konvensional.

Saat berumur 15 tahun, Tonya berkencan dengan seorang pemuda berumur 18 tahun bernama Jeff Gillooly. Jeff menjadi kasar setelah mereka menikah. Ibunya, LaVona, mengejek Tonya karena tahan dengan kekasaran Jeff, dan Tonya menyalahkan ibunya untuk itu karena telah membesarkannya dengan buruk. 

Tonya memecat pelatih skatingnya setelah mereka berselisih. Pelatih terbarunya adalah Dody Teachman. Tonya menjadi figure skater wanita pertama yang menyelesaikan dua lompat triple Axel dalam kompetisi. Namun Tonya gagal mempertahankan posisinya pada Olimpiade Musim Dingin 1992 dan finis keempat.

Tonya dan Jeff pun pindah. Tonya mengambil pekerjaan sebagai pelayan. Pelatih Tonya yang lama, Diane, muncul dan meyakinkan Tonya untuk berlatih untuk Olimpiade Musim Dingin 1994. 

Pada hari kompetisi November 1993 di Kejuaraan Regional Pasifik Barat Laut di Portland, Tonya menerima ancaman kematian dan memilih untuk tidak bertanding. 

Menyadari bahwa ia dapat menyabotase persaingan Tonya, Jeff menginstruksikan temannya Shawn Eckart untuk mengirim ancaman pembunuhan kepada saingan Tonya, Nancy Kerrigan. 

Dari sana lah permasalahan dimulai. Di mana karir Tonya akan berada di ujung tanduk.

Film biografi Tonya Harding ini bisa kamu tonton selengkapnya di Netflix atau membeli/menyewa filmnya di Google Playstore. Selamat menonton! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak