facebook

Kenalan dengan Kiel Tutin, Koreografer K-Pop Asal Inggris yang Ikonik

Lintang Larissya
Kenalan dengan Kiel Tutin, Koreografer K-Pop Asal Inggris yang Ikonik
Potret Kiel Tutin. (Instagram/Kiel Tutin)

Dance merupakan elemen penting dalam grup K-Pop. Selain lagu yang populer, koreografi unik juga menjadi poin utama lagu K-Pop menjadi hit. 

Meskipun ada beberapa idol yang membuat koreografinya sendiri untuk grupnya, tetapi ada pula seseorang yang bekerja di balik layar untuk membuat gerakan-gerakan menarik, salah satunya adalah koreografer asal Inggris Kiel Tutin yang tidak pernah gagal membuat gerakan-gerakan memikat untuk koreografi grup K-Pop.

Kiel Tutin telah menjadi koreografer yang terkenal di K-Pop selama bertahun-tahun, ia merupakan orang yang berjasa di balik tarian ikonik BLACKPINK, aespa, dan Twice.

Siapa Kiel Tutin?

Kiel Tutin adalah koreografer asal Inggris yang lahir pada 21 Oktober 1995. Setelah berimigrasi ke Selandia Baru, Kiel mulai membuat koreografi dan menjadi pengajar dance di The Palace Dance Studio. 

Saat ini, Kiel menjadi direktur kreatif agensi ‘3WJ+boy’ dan pendiri ‘NZX’, kolaborasi dance di Selandia Baru.

Meskipun tergolong masih muda, Kiel Tutin menjadi salah satu influence tari global yang paling terkenal di industri musik. Ia terus menerus menciptakan koreografi yang mengesankan dan menarik, serta menciptakan bentuk baru untuk artis K-Pop dan superstar pop. 

Potret Kiel Tutin dan anggota TWICE. (instagram/Kiel Tutin)
Potret Kiel Tutin dan anggota TWICE. (Instagram/Kiel Tutin)

Kolaborasi Kiel Tutin dan Artis K-Pop

Karena gerakannya yang tajam, detail, dan energik Kiel dipercaya untuk membuat koreografi untuk banyak artis K-Pop dengan seperti Sunmi, Somi, BLACKPINK, 4MINUTE, TWICE, MONSTA X, NiziU, HyunA, STAYC, aespa, Girls On Top, dan ITZY.

Dia telah membuat koreografi banyak tarian K-Pop yang ikonik, seperti BLACKPINK - ‘DDU DU DDU DU’, Jennie - ‘SOLO’, TWICE - ‘Fancy’ dan ‘More and More’, serta aespa - ‘Savage’.

Prestasi Kiel Tutin

Kiel membuktikan kemampuannya dengan memiliki banyak pengalaman yang bervariasi dari panggung ke panggung dengan koreografi uniknya. 

Ia pernah menjadi bagian untuk menciptakan panggung ikonik untuk acara penghargaan musik paling bergengsi, membuat koreografi 60 musik video di seluruh dunia, menjadi pengarah gerak untuk film layar lebar dan iklan parfum untuk artis-artis besar seperti Jennifer Lopez, superstar Taiwan Jolin Tsai, dan banyak grup K-Pop.

Selain itu Kiel membawa pulang 7 medali dari the World HHI Championships, termasuk 4 gelar juara dunia.

Nah, itu dia profil singkat dari koreografer dunia yang sudah tidak asing di K-Pop. Tidak sabar melihat koreografi ikonik Kiel di K-Pop selanjutnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak