Anime Lovers! Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik yang Wajib Ditonton

Rani Khairani
Anime Lovers! Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik yang Wajib Ditonton
Anime 'Akatsuki no Yona' (crunchyroll.com)

Anime bergenre shoujo merupakan salah satu yang sangat diminati kaum muda. Anime shoujo biasanya memiliki jalan cerita yang bagus dan menarik. 

Kebanyakan menceritakan tentang indahnya masa muda dengan semangat yang membara. Juga menceritakan tentang kisah cinta khas remaja yang akan membuatmu ikut berbunga-bunga.

Anime shoujo adalah anime yang dibuat untuk pasar perempuan remaja yang berusia 10-18 tahun. Karena itu, kebanyakan subgenre yang muncul dari anime bergenre shoujo adalah romance atau slice of life. Namun, banyak juga subgenre lain yang muncul selain dari dua subgenre tersebut.

Daya tarik utama yang biasanya mengisi anime genre ini adalah kehadiran karakter utama yang tampan. Tidak jarang juga anime shoujo dengan dua atau lebih karakter tampan dengan kisah romansa masing-masing. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik utama bagi penonton remaja perempuan.

Bagi penyuka anime dengan genre shoujo, pastikan kamu menonton rekomendasi anime-anime di bawah ini, ya!

1. Orange

Orange (crunchyroll.com)
Orange (crunchyroll.com)

Rekomendasi anime shoujo pertama adalah Orange. Orange adalah anime yang berfokus pada cerita Naho Takamiya yang masih duduk di kelas dua SMP yang secara mendadak mendapati surat misterius. Namun, ternyata surat tersebut berasal dari masa depan dan ditulis oleh dirinya sendiri.

Awalnya, Naho jelas tidak percaya dengan surat tersebut, tetapi setelah melihat beberapa kejadian yang terjadi dan sesuai dengan isi surat tersebut, ia akhirnya sadar jika surat tersebut memang dikirimkan oleh dirinya sendiri di masa depan saat umurnya 26 tahun.

2. Akatsuki no Yona

Akatsuki no Yona (crunchyroll.com)
Akatsuki no Yona (crunchyroll.com)

Putri Yona menjalani kehidupan layaknya putri kerajaan lainnya, hidup mewah dan tenang, sepenuhnya terlindung dari masalah Kerajaan Kouka yang tampaknya damai.

Namun, pembunuhan mendadak terhadap raja dan pengkhianatan dari sepupunya yang tercinta, Su-won, menempatkan hidup Yona berubah 180 derajat.

Terpaksa melarikan diri hanya dengan 1 prajurit saja Son Hak, yang merupakan teman sekaligus pengawal masa kecilnya.

Sang putri yang naif segera menyadari bahwa Kouka bukanlah tempat yang sangat indah seperti yang ia bayangkan.

Kemiskinan, perselisihan, dan korupsi merajalela, membuat dia merasa merebut kembali takhta itu tak lebih dari khayalan belaka mengingat keadaan kerajaan saat ini.

Berdasarkan manga populer dengan nama yang sama karya Kusanagi Mizuho, Akatsuki no Yona berfokus pada Putri Yona dalam petualangan yang akan datang saat ia menghadapi kenyataan pahit kerajaannya.

Dengan menggunakan legenda misterius untuk membimbingnya, Yona harus menemukan cara untuk mengembalikan Kouka ke kejayaannya yang dulu sambil dikejar tanpa henti oleh kekuatan Raja Kouka yang baru.

3. Kimi no Todoke

Kimi no Todoke (crunchyroll.com)
Kimi no Todoke (crunchyroll.com)

Sawako Kuronuma, yang disebut Sadako oleh teman-teman sekelasnya karena kemiripannya dengan karakter dari “The Ring” (film horror Jepang), selalu ditakuti dan disalahpahami oleh teman-temannya karena penampilannya itu. Ada rumor bahwa Sawako dapat melihat hantu dan orang-orang akan kena kutukan, bila dekat atau melihat matanya.

Namun, meskipun penampilannya begitu, ia adalah seorang gadis manis dan pemalu yang menginginkan untuk dapat berteman dengan semua orang dan disukai oleh banyak orang.

Ketika cowok idolanya, Kazehaya, si anak populer mulai berbicara dengan dia, semuanya berubah. Dia menemukan dirinya dalam sebuah dunia baru, mencoba untuk mencari teman-teman dan berbicara dengan orang yang berbeda dan dia tidak bisa berterima kasih kepada Kazehaya untuk memberikan kesempatan ini padanya.

Perlahan, tapi pasti, cinta yang manis telah mekar diantara keduanya, karena mereka akan menyelesaikan setiap keadaan atau hambatan yang jelas dengan cara mereka sendiri.

4. Ao Haru Ride

Ao Haru Ride (crunchyroll.com / Io Sakisaka)
Ao Haru Ride (crunchyroll.com / Io Sakisaka)

Anime ini menceritakan tentang Futaba Yoshioka, seorang gadis yang dulunya sangat feminim, namun karena kejadian di masa SMP, membuatnya berubah menjadi sebaliknya. Futaba juga kehilangan cinta pertamanya saat SMP yang tiba-tiba menghilang tanpa kabar di hari mereka memiliki janji temu.

Kou Mabuchi, pemuda dengan sifat dingin karena masa lalunya. Hal itu juga yang membuatnya harus mengganti nama keluarganya dari Tanaka menjadi Mabuchi dan harus pindah tanpa kabar saat ia duduk di bangku SMP.

Pertemuan keduanya di SMA membuat pertanyaan-pertanyaan masa lalu kembali menyeruak ke permukaan. Alasan perubahan sifat Kou dan Futaba yang mempertanyakan status hubungan mereka, membuat hubungan keduanya tampak rumit.

5. Tonari no Kaibutsu-kun

Tonari no Kaibutsu-kun (crunchyroll.com)
Tonari no Kaibutsu-kun (crunchyroll.com)

Rekomendasi anime shoujo terbaik terakhir adalah Tonari no Kaibutsu-kun. Mengisahkan mengenai Mizutani Shizuku, gadis dingin yang tak peduli dengan semua hal selain belajar dan mendapatkan nilai yang baik untuk masa depan yang menjanjikan.

Sebaliknya, Yoshida Haru adalah anak laki-laki yang duduk di sebelahnya yang sering bolos sekolah. Hubungan keduanya mulai terjalin saat Shizuku datang ke rumah Haru untuk mengantarkan printout.

Meskipun di sekolah Haru dikenal sebagai anak usil dan kasar, namun Shizuku mulai menemukan sisi lain Haru yang baik dan lembut. Bersama-sama, dua orang yang sebelumnya tidak pandai bersosial, saling membantu belajar untuk peduli terhadap orang lain. Anime satu ini benar-benar memiliki cerita bagus, seru dan menghibur.

Itu dia rekomendasi anime bergenre shoujo terbaik. Pastikan kalian menontonnya, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak