facebook

5 Manfaat Mandi dengan Campuran Cuka Sari Apel

anis khoirunnisa
5 Manfaat Mandi dengan Campuran Cuka Sari Apel
Ilustrasi cuka sari apel. (Foto: Shutterstock)

Cuka apel atau apple cider vinegar adalah fermentasi dari buah apel yang sudah dihancurkan. Selain mengandung asam asetat, cuka apel juga memiliki senyawa asam gallic, katekin, dan pektin, asam folat, biotin, kalium, dan fosfor. 

Tidak hanya itu, cuka apel juga mengandung vitamin (A, B, B1, B2, B6, C, dan E), potassium, kalsium, dan magnesium. 

Cuka sari apel juga memiliki berbagai khasiat menyehatkan, termasuk efek antimikroba dan antioksidan. Jika dicampurkan dalam air mandi, cuka sari apel akan memberikan berbagai manfaat untuk kulit hingga saluran kemih.

Melansir dari Healthsots, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mandi dengan campuran cuka sari apel, antara lain:

1. Mencegah Bau badan

Menurut Dr. Pooja Chopra, dokter kulit di Aakash Healthcare & Super Speciality Hospital, Dwarka menyebutkan bahwa keringat pada dasarnya tidak berbau. Bau badan sendiri dihasilkan oleh penumpukan bakteri.

"Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam ember berisi air dan mandi dengan air ini untuk mengurangi bau badan. Selain itu, cuka sari apel yang diencerkan dengan air juga dapat dioleskan dengan lembut ke bawah ketiak untuk menghilangkan bau tidak sedap," saran Chopra.

2. Membantu Mengurangi Ketombe

Ketombe bukan hanya disebabkan karena kulit kering namun juga kerena kulit berminyak. Menurut Dokter Chopra, ketombe dari kulit berminyak lebih parah karena menempel di kulit kepala sehingga lebih rentan terhadap infeksi lain.

Dalam hal ini, sifat antijamur dan asam dari cuka sari apel membantu mengurangi ketombe. Kandungan tersebut juga bisa membersihkan kelebihan minyak di kulit kepala dan menjaganya tetap bersih.

Keramas dengan campuran cuka apel juga mencegah debu menempel di kulit kepala dengan menjaganya tetap kering. "Ketombe kulit kepala yang berminyak bisa berdampak buruk, karena bisa menyebabkan rasa gatal yang tidak terkendali," jelasnya.

3. Meredakan Kulit Gatal

Terlalu banyak keringat membuat kulit gatal dan rentan terhadap ruam, kemerahan hingga jerawat.

"Oleh karena itu mandi dengan cuka sari apel yang diencerkan sebenarnya bisa menjadi cara yang paling efektif dan alami untuk menyembuhkan kulit Anda," ujar Dr. Chopra.

4. Membuat Kulit Glowing

Menurut dokter Chopra, cuka sari apel bisa menjadi salah satu perawatan kulit terbaik.

"Tentu saja, jika tidak ada endapan kotoran di kulit Anda, maka kulit Anda pasti bersinar. Ditambah lagi, sifat asam dari cuka sari apel mengurangi pigmentasi dan bintik hitam," jelas Chopra.

5. Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Sifat antibakteri dari cuka sari apel membantu mencegah infeksi saluran kemih seperti vaginosis bakteri. Namun Dokter Chopra menyarankan untuk mandi dengan campuran satu sendok cuka sari apel dalam seember air, bukan untuk membersihkan vagina secara langsung.

Itulah beberapa manfaat mandi dengan campuran cuka apel bagi kesehatan tubuh dan kulit kamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak