5 Manfaat Mandi dengan Campuran Cuka Sari Apel

anis khoirunnisa
5 Manfaat Mandi dengan Campuran Cuka Sari Apel
Ilustrasi cuka sari apel. (Foto: Shutterstock)

Cuka sari apel juga memiliki berbagai khasiat menyehatkan, termasuk efek antimikroba dan antioksidan.

Suara.com - Cuka apel atau apple cider vinegar adalah fermentasi dari buah apel yang sudah dihancurkan. Selain mengandung asam asetat, cuka apel juga memiliki senyawa asam gallic, katekin, dan pektin, asam folat, biotin, kalium, dan fosfor. 

Tidak hanya itu, cuka apel juga mengandung vitamin (A, B, B1, B2, B6, C, dan E), potassium, kalsium, dan magnesium. 

Cuka sari apel juga memiliki berbagai khasiat menyehatkan, termasuk efek antimikroba dan antioksidan. Jika dicampurkan dalam air mandi, cuka sari apel akan memberikan berbagai manfaat untuk kulit hingga saluran kemih.

Melansir dari Healthsots, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mandi dengan campuran cuka sari apel, antara lain:

1. Mencegah Bau badan

Menurut Dr. Pooja Chopra, dokter kulit di Aakash Healthcare & Super Speciality Hospital, Dwarka menyebutkan bahwa keringat pada dasarnya tidak berbau. Bau badan sendiri dihasilkan oleh penumpukan bakteri.

"Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam ember berisi air dan mandi dengan air ini untuk mengurangi bau badan. Selain itu, cuka sari apel yang diencerkan dengan air juga dapat dioleskan dengan lembut ke bawah ketiak untuk menghilangkan bau tidak sedap," saran Chopra.

2. Membantu Mengurangi Ketombe

Ketombe bukan hanya disebabkan karena kulit kering namun juga kerena kulit berminyak. Menurut Dokter Chopra, ketombe dari kulit berminyak lebih parah karena menempel di kulit kepala sehingga lebih rentan terhadap infeksi lain.

Dalam hal ini, sifat antijamur dan asam dari cuka sari apel membantu mengurangi ketombe. Kandungan tersebut juga bisa membersihkan kelebihan minyak di kulit kepala dan menjaganya tetap bersih.

Komentar