facebook

Ini Dia 5 Hal yang Harus Dihindari Ketika Memakai Lensa Kontak

anis khoirunnisa
Ini Dia 5 Hal yang Harus Dihindari Ketika Memakai Lensa Kontak
Ilustrasi Lensa Kontak (Pixabay)

Lensa kontak adalah lensa korektif, kosmetik, atau terapi yang biasanya ditempatkan di kornea mata. Lensa kontak terbuat dari plastik yang mengandung air. Lensa kontak perlu perawatan yang serius karena jika kotor akan menyebabkan iritasi pada mata bahkan menimbulkan penyakit serius.

Sekarang ini, pemakaian lensa kontak tidak hanya bertujuan untuk memperjelas penglihatan saja, tetapi juga untuk memperindah penampilan.

Melansir dari artikel suara.com terdapat kasus yang disebabkan lensa kontak dan apa-apa saja yang harus dihindari dari pemakaian lensa kontak. Seorang penyiar berita Good Morning Britain harus dilarikan ke rumah sakit akibat infeksi mata. Ternyata, presenter bernama Kate Garraway tersebut lupa melepas lensa kontaknya selama enam hari. Jadi, hanya dokter yang dapat melepaskannya.

"Setelah memakai obat tetes, dokter menemukan infeksi mata saya sebenarnya berasal dari lensa kontak yang menempel selama enam hari," katanya saat sudah kembali bekerja.

Berdasarkan laporan The Sun, seorang ahli mengungkap ada yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan lensa kontak.

1. Tidur masih menggunakan lensa kontak

Profesor Scott MacRae dari oftalmologi dan ilmu visual di University of Rochester mengatakan tertidur saat masih memakai lensa kontak bisa sangat berbahaya. Menurutnya, bakteri dapat masuk ke mata dan menyebabkan mata menjadi bengkak dan iritasi.

2. Tidak mencuci tangan saat akan memakainya

Saat mencoba dan mengganti atau memasang lensa kontak tanpa mencuci tangan, artinya Anda membiarkan bakteri pada tangan berpindah ke lensa, yang kemudian akan masuk ke mata.

Bakteri kemudian dapat bergerak di sekitar mata dan menyebabkan iritasi.

3. Menggosok mata

Prof MacRae mengatakan menggosok mata dapat menyebabkan kondisi seperti keratoconus. Ini terjadi ketika kornea berubah dari bulat, menjadi bentuk yang lebih runcing.

Orang dengan kondisi ini akan sering menerima transplantasi kornea dan harus memakai lensa kontak khusus.

4. Menaruh di mulut

Ada beberapa orang yang membersihkan benda menggunakan mulut mereka, termasuk lensa kontak.

Menurut Prof MacRae, tindakan ini membuat lebih banyak bakteri di mulut menempel di lensa dan akan menyebabkan infeksi ketika dipakai kembali.

5. Pemakaian berlebihan

Saat bola mata tidak mendapatkan cukup oksigen maka bisa mengalami iritasi, inilah pentingnya memberi mata udara dan waktu istirahat dari memakai lensa.

Prof MacRae mengatakan Anda harus memiliki jadwal yang memungkinkan periode waktu untuk tidak memakainya. Untuk memberi waktu istirahat, Anda bisa memakai kacamata ketika tidak harus mengenakan lensa.

Itulah beberapa hal yang harus kalian hindari saat menggunakan lensa kontak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak