facebook

Konsumsi 4 Vitamin Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

anis khoirunnisa
Konsumsi 4 Vitamin Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh
Ilustrasi perempuan mengiris paprika merah. (Shutterstock)

Imunitas atau kekebalan tubuh sangat dibutuhkan apalagi saat kondisi pandemi sekarang ini. Banyak orang yang mengkonsumsi berbagai macam obat atau apapun untuk meningkatkan imunitas guna mencegah virus.

Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktivitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

Beberapa vitamin ternyata bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin tersebut bisa didapatkan dari berbagai makanan tertentu.

Melansir dari Insider, ada beberapa vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antara lain:

1. Vitamin B6

kentang (shutterstock)

Tubuh membutuhkan vitamin B6 untuk membangun sel sistem kekebalan yang membantu melawan mikroba berbahaya. Secara khusus, vitamin B6 membantu tubuh memproduksi sel-T, sejenis sel kekebalan yang mampu membunuh sel-sel yang terinfeksi virus dalam tubuh dan mengaktifkan respons sistem kekebalan.

Vitamin B6 sendiri bisa didapatkan dari berbagai asupan makanan, seperti buncis, kentang, tuna, pisang, daging ayam, hingga kale. 

2. Vitamin C

buah jeruk (shutterstock)

Vitamin C juga menjadi salah satu nutrisi yang penting bagi kekebalan tubuh. "Vitamin C sangat penting untuk fungsi kekebalan agar tetap sehat," kata Chris D'Adamo, PhD, ahli epidemiologi dan Direktur Pusat Pengobatan Integratif di Sekolah Kedokteran Universitas Maryland.

Hal ini disebabkan karena vitamin C dapat membantu membunuh mikroba berbahaya, termasuk bakteri dan virus seperti flu biasa dan pneumonia. Vitamin C juga meningkatkan produksi sel kekebalan vital tubuh termasuk sel darah putih dan fagosit yang bisa membunuh bakteri. Vitamin C bisa didapatkan dari paprika, stroberi, jeruk, brokoli, hingga bayam. 

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dosis tinggi 6 hingga 8 gram per hari dapat membantu mempersingkat waktu pilek. Mengonsumsi vitamin C setelah masuk angin juga dapat membuat gejala menjadi tidak terlalu parah.

3. Vitamin D

Ikan sarden (Shutterstock)
Ikan sarden (Shutterstock)

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kekurangan vitamin D lebih mungkin terkena infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia atau bronkitis. Kondisi ini terjadi karena vitamin D dapat meningkatkan jumlah makrofag.

"Makrofag merupakan sel kekebalan yang membantu membunuh dan menyerang sel penyakit," kata D'Adamo. 

Vitamin D juga dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan dengan mengurangi produksi  sitokin yang dapat memperburuk gejala penyakit . Vitamin D sendiri bisa didapatkan dari minyak hati ikan cod, sarden, hati sapi, kuning telur, hingga sinar matahari. 

4. Vitamin E

Paprika. (Shutterstock)
Paprika. (Shutterstock)

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi sel dari molekul radikal bebas beracun yang meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan lain sebagainya.

Jumlah vitamin E yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 15 mg per hari. Sementara beberapa makanan yang mengandung vitamin E adalah ikan trout, paprika merah, alpukat, minyak bunga matahari, hingga almon.     

Nah, itulah beberapa vitamin yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak