alexametrics

7 Menu Sarapan Ini Bikin Badan Jadi Langsing

C Novita Edy
7 Menu Sarapan Ini Bikin Badan Jadi Langsing
Buah kiwi. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Banyak orang memilih tidak sarapan agar dapat menurunkan berat badan. Ternyata hal ini adalah metode diet yang salah, lho. Berbagai jurnal dan artikel kesehatan menulis pentingnya sarapan untuk kesehatan dan mengatur pola makan sepanjang hari. Jadi jangan sampai Anda melewatkan makan pagi untuk tujuan agar berat badan menjadi turun.

Pemilihan menu sarapan atau jenis makanan apa yang Anda konsumsilah yang jadi kunci berhasilnya program diet yang sedang dijalankan. Jika sarapan dengan menu yang tepat, maka hal itu dapat membantu mengurangi rasa lapar hingga siang hari, membuat Anda tetap bertenaga, dan juga lebih sehat dan langsing.

Berikut menu sarapan yang dianjurkan dan bikin badan jadi langsing, seperti dikutip dari laman Health Line:

Telur

Ilustrasi telur. (Shutterstock)
Ilustrasi telur. (Shutterstock)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa telur adalah makanan kaya nutrisi yang baik untuk sarapan. Anda boleh mengolahnya dengan direbus, didadar, atau sekedar dimasak mata sapi saja juga oke.

Ada berbagai vitamin, mineral selenium dan riboflavin, protein, juga nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja di pagi hari. Protein dalam telur membantu menurunkan rasa lapar, dan nafsu makan.

Wheat germ atau gandum utuh

Ilustrasi gandum. (Shutterstock)
Ilustrasi gandum. (Shutterstock)

Ini adalah jenis gandum yang belum diolah menjadi tepung. Gandum ini mudah didapatkan dengan harga murah lho. Anda bisa konsumsi dalam bentuk roti gandum utuh yang bisa diperoleh di toko swalayan.

Terdapat vitamin dan mineral seperti mangan, tiamin, dan selenium juga serat pada gandum utuh. Jumlah seratnya mencapai hampir 4 gram per porsi 1 ons. Ini baik untuk membuat Anda tetap kenyang dalam waktu lama dan menstabilkan gula darah.

Pisang

Ilustrasi pisang. (Shutterstock)
Ilustrasi pisang. (Shutterstock)

Buah ini baik dikonsumsi oleh semua orang, termasuk yang sedang diet. Satu buah yang berukuran sedang mengandung setidaknya 100 kalori dan 3 gram serat makanan. Ini baik untuk memenuhi perut yang sedang kosong saat pagi, mencegah keinginan ngemil, sekaligus menjaga agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Yogurt

Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)
Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)

Yogurt adalah olahan susu yang kaya protein dan berbagai kandungan bermanfaat lainnya. Selain mengenyangkan, minuman ini juga baik bagi pencernaan. Tentu juga melangsingkan tubuh seperti yang Anda inginkan.

Buah kiwi

Buah kiwi. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Buah kiwi. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Buah kiwi kaya vitamin C, K, dan kalium, juga serat. Ini baik bagi kesehatan dan program diet Anda. Sarapan dengan buah-buahan, tidak hanya buah kiwi, sebenarnya dapat membantu mengenyangkan dan bikin langsing lho.

Oatmeal

Oatmeal. (Unsplash/Melissa Di Rocco)
Oatmeal. (Unsplash/Melissa Di Rocco)

Oatmeal ini direkomendasikan sebagai salah satu menu sarapan yang sehat, kaya serat, nutrisi, dan mencegah lapar dalam waktu lama. Dalam satu cangkir (235 gram) oatmeal, Anda sudah bisa beraktifitas penuh energi dan tidak gampang lapar.

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang dianjurkan adalah kacang almond, kedelai, polong, kacang hijau, dan lainnya yang mudah Anda dapatkan di pasar. Kacang-kacangan dikenal kaya serat dan nutrisi, mineral, serta protein nabati.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak