alexametrics

Tak Hanya Manis, Intip 5 Khasiat Buah Kesemek

Novita Edy
Tak Hanya Manis, Intip 5 Khasiat Buah Kesemek

Buah kesemek dapat dijumpai di tanah air saat musim kemarau. Penggemar drama Korea juga sering melihat kehadiran kesemek pada beberapa adegan bukan? Memang buah ini awalnya ditemukan di wilayah Jepang, Cina termasuk juga Korea.

Bentuknya bundar agak kotak seukuran apel, dengan warna oranye dan diselimuti tepung pada permukaan kulit. Rasa kesemek manis dengan tekstur yang renyah empuk jika sudah matang.

Kesemek atau persimmon tak hanya lezat dan manis, namun juga menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Ini karena adanya beberapa nutrisi yang dikandung buah tersebut. Seperti dilansir laman Health Line, kesemek mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Juga ada vitamin dan mineral, yakni vitamin A, C, E, B6, dan K, serta kalium, tembaga, dan mangan. Riboflavin (B2), thiamin (B1), folat, magnesium, dan fosfor juga ada pada daging buah kesemek.

Beberapa penelitian pun menemukan adanya senyawa tanin, flavonoid, dan karotenoid yang sangat baik bagi kesehatan mata. Selengkapnya apa saja yang bisa diberikan oleh kesemek untuk kesehatan? Berikut ini penjelasannya:

Mata

Adanya vitamin A dan antioksidan serta karotenoid dalam kesemek membantu menyehatkan indera penglihatan Anda.

Anti peradangan

Ada banyak penyakit serius semisal jantung, radang sendi, kanker, diabetes dan lainnya yang diawali dengan munculnya peradangan kronis. Untuk mencegah dan mengurangi kondisi peradangan tersebut, konsumsi kesemek secara rutin bisa jadi solusi lho. Itu karena ia mengandung anti inflamasi yang kuat. Juga vitamin C dan antioksidan yang sama berkhasiat menurunkan peradangan akibat radikal bebas.

Jantung sehat

Dengan berbagai nutrisi vitamin dan mineral yang telah dijabarkan di atas, maka konsumsi kesemek juga menyehatkan jantung. Terutama adanya antioksidan yakni jenis flavonoid dan karotenoid yang menurunkan resiko munculnya serangan jantung.

Tekanan darah

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka senyawa tanin dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian telah banyak membuktikan khasiat tanin, asam tanat dan asam galat dari kesemek yang efektif menurunkan hipertensi.

Diabetes

Buah dengan antioksidan tinggi diyakini mencegah timbulnya penyakit diabetes. Terutama adalah antioksidan karotenoid seperti beta-karoten, yaitu pigmen yang ditemukan di banyak buah dan sayuran berwarna cerah.

Cegah kanker usus besar

Kandungan beta-karoten dalam kesemek membantu mengontrol pertumbuhan sel kanker. Serat buah juga baik untuk membuang racun yang menumpuk di usus besar, sehingga resiko kanker dapat dihindari.

Masih banyak manfaat dan khasiat lain dari konsumsi kesemek, sehingga Anda tak perlu ragu memanfaatkannya ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak