alexametrics

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Flu

Sefdha P
5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Flu
Ilustrasi bawang putih (pixabay)

Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering sekali digunakan di Indonesia, mulai dari untuk menambah cita rasa pada makanan. Cita rasa yang khas pada bawang menjadi salah satu alasan kalau bawang putih tidak boleh ketinggalan di dalam setiap masakan.

Bawang putih yang sudah lama menjadi bumbu penyedap dalam masakan ternyata juga mempunyai manfaat di dalam dunia kesehatan. Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan:

1. Mencegah Flu

Buat kamu yang sering sakit flu cobalah untuk mengkonsumsi bawang putih. Sebuah studi dari American Family Physician mengatakan dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin ternyata bisa mengurangi frekuensi penyakit flu.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Penelitian terhadap ekstrak bawang putih yang dikeringkan kepada wanita menepouse, hasilnya adalah bisa menurunkan defisiensi kadar estrogen yang bisa mencegah osteoporosis.

3. Menurunkan Tekanan darah dan Kolestrol

Mengkonsumsi bawang putih ternyata bisa menurunkan tekanan darah dan kolestrol pada tubuh, hal ini dibuktikan dengan riset yang dilakukan Ankara University yang menemukan setelah empat bulan masa penelitian, para responden mengkonsusmsi suplemen yang terbuat dari ekstrak bawang putih ternyata mengalami pernaikan pada profil kolestrol serta penurunan kadar teknan darah pada tubuh secara signifikan.

4. Memberikan Efek Detokfikasi

Sulfur yang terkandung di dalam bawang putih ternyata terbukti bisa memberikan efek detokfikasi pada tubuh. Jika dalam kandungan dosis yang tinggi bisa memberikan efek perlindunga pada organ tubuh terhadap racun yang ada di dalam tubuh.

5. Menurunkan Risiko Kanker Paru

Menurut studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention menghasilkan sebuah penelitian bahwa responden yang sering mengkonsumsi bawang putih  mentah dalam kurun waktu 2 kali seminggu ternyata terbukti bisa menurunkan risiko kanker paru sebanyak 44 persen. 

Itulah 5 manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak