alexametrics

Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Picu Kanker Otak

Novita Edy
Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Picu Kanker Otak
Ilustrasi otak, organ dalam (Pixabay/VSRao)

Makanan sehat adalah salah satu kunci hidup sehat. Sebaliknya, beberapa jenis makanan dan minuman disinyalir dapat menjadi pemicu penyakit, salah satunya adalah kanker otak.

Walau kanker otak termasuk jenis kanker yang tidak banyak diderita dibanding kanker lainnya, namun ada baiknya kita lakukan pencegahan untuk menjauhi penyakit tersebut.

Penyebab pasti kanker otak menurut medis memang tidak dapat disebut secara gamblang, namun ada beberapa faktor yang diduga kuat menjadi pemicu berkembangnya sel kanker tersebut. Di antaranya adalah mutasi genetik, riwayat kanker otak dalam keluarga, usia tua, dan paparan radiasi.

Merujuk pada klikdokter.com, ada juga beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko munculnya kanker otak. Yuk simak agar kita bisa menjauhi makanan yang tersebut di bawah ini:

Alkohol

Minuman keras dengan kandungan alkohol adalah pemicu beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, kanker nasofaring, kanker esofagus, kanker payudara juga kanker otak. Risiko makin besar seiring makin tingginya dosis alkohol, juga jika ditambah dengan mengisap tembakau.

Makanan jamuran

Makanan yang sudah rusak serta ditumbuhi jamur, sebaiknya tidak dikonsumsi ya. Apalagi ada jamur beracun Aspergillus flavus, yang terkandung metabolit aflatoksin. Jamur ini kerap jadi parasit pada tumbuhan kacang, dan biji-bijian.

Aflatoksin memicu kanker hati pada tikus, primata, dan ikan, demikian hasil studi May Beth Terry dari Columbia University Mailman School of Public Health.

Daging merah

Jika kamu terbiasa makan daging merah mentah atau setengah matang, maka waspada risiko tumor otak glioma yang muncul. Memang para ilmuwan sendiri masih banyak yang berbeda pendapat terkait ini. Namun tak ada salahnya waspada dan menjaga kesehatan.

Makanan terlalu asin

Ikan asin adalah makanan yang diawetkan dengan kadar garam tinggi, sehingga berisiko memicu hipertensi. Selain itu ada kandungan N-nitrosodimethylamine dan N-nitroso yang disebut sebagai pemicu kanker otak. Profesor Jiankun Hu dari University of New South Wales menyatakan jika makanan terlalu asin akan meningkatkan risiko kanker otak tipe glioma dan meningioma.

Yuk hindari makanan tersebut atau batasi asupannya agar terhindar dari penyakit.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak