alexametrics

Baru Tahu, Makan Buah Ini Ternyata Ada Waktu Khusus

Ayu Ratna
Baru Tahu, Makan Buah Ini Ternyata Ada Waktu Khusus
Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay)

Halo bun! Lagi bosan ya karena masa pandemi tidak kunjung berhenti? Semua aktivitas jadi terganggu ya. Tidak apa. Meski demikian, segala informasi terbaru tidak akan berhenti sampai di sini. Karena artikel ini bakal sharing and caring asupan makanan yang harus diperhatikan massa nya.

Apakah aturan tersebut ada? Tentu! Perlu diketahui, ternyata untuk membentuk tubuh agar tetap sehat dan bergizi, selain memperhatikan asupan yang kita makan, kita juga harus mengetahui waktu yang pas untuk makan, seperti buah-buahan berikut ini.

1. Jeruk

Ilustrasi buah jeruk (shutterstock)
Ilustrasi buah jeruk (shutterstock)

Pasti sudah tidak asing lagi ya bun mendengar buah yang memiliki vitamin C ini. Ternyata perlu bunda ketahui, bahwa untuk makan buah ini tidak sembarang waktu kita mau makan kapan saja ya, bun.

Jeruk ternyata tidak baik apabila dikonsumsi pada pagi hari. Karena apabila jeruk dikonsumsi dalam keadaan perut kosong dapat menyebabkan iritasi pada perut.

Jadi, jeruk baiknya dikonsumsi kapan ya?

Jeruk sebaiknya dijadikan sebagai snack setelah makan makanan berat seperti karbohidrat. Karena hal ini dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme pada tubuh.

2. Pisang

Buah satu ini juga tidak kalah baiknya untuk kesehatan dan kelengkapan gizi pada tubuh. Tapi ternyata, makan buah ini juga harus memperhatikan waktu tertentu agar dapat dicerna baik oleh tubuh. 

Pisang sangat baik apabila dikonsumsi pada siang hari, karena dapat memperkuat imun dan menyehatkan kulit.

Nih buat bunda yang mau kulitnya tetap cantik dan sehat, makan buah ini pada waktu yang tepat ya bun.

Jadi, jangan coba-coba makan pisang pada malam hari ya, bun. Karena dapat menimbulkan lendir dan menganggu pencernaan.

3. Tomat

Ilustrasi Tomat. (freepik)
Ilustrasi Tomat. (freepik)

Buah satu ini juga tak kalah lezat nya apabila dikonsumsi secara tidak langsung. Melainkan diolah menjadi pelengkap bumbu masakan di dapur. Tentu hal ini dapat menambah kelezatan rasa pada masakan.

Akan tetapi, perlu bunda ketahui, bahwa buah ini juga ada waktu yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi.

Untuk waktu baiknya, tomat dikonsumsi pada pagi hari. Karena dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

Sedangkan, tomat tidak efektif apabila dikonsumsi pada malam hari. Karena pektin dan asam oksalat yang terkandung pada tomat dapat menyebabkan perut menjadi kembung apabila dikonsumsi pada malam hari.

4. Yoghurt

Ilustrasi yoghurt (Shutterstock)
Ilustrasi yoghurt (Shutterstock)

Minuman satu ini sangat disukai oleh kalangan masyarakat khususnya di usia anak-anak hingga remaja. Jadi tidak heran bahwa minuman ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. 

Selain sebagai pelengkap gizi seimbang, makanan ini juga memiliki takaran waktu untuk dikonsumsi.

Pada malam hari, yoghurt sangat baik dikonsumsi karena dapat membantu pencernaan makan malam lebih cepat dan mengurangi keinginan untuk ngemil malam. 

Wah, jadi cocok ni untuk yang mau program diet. Program dietnya sehat dan aman ya, bun.

Namun, untuk pagi hari sebaiknya yoghurt tidak dikonsumsi pada pagi hari. Karena dapat menjadikan perut sangat asam dan berpotensi dapat merusak lapisan pada lambung.

Berbahaya ini bun, jadi jangan coba-coba ya untuk konsumsi yoghurt pada pagi hari.

5. Apel

Buah kesukaan aku ni bun. Karena kandungan vitamin A pada apel yang bagus untuk mata dan kulit ternyata juga memiliki aturan waktu untuk dimakan ya, bun.

Pada pagi hari, buah apel sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandunh pektin yang dapat menurunkan kadar gula dan kolesterol.

Sayangnya, buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada malam hari. Karena pektin pada buah apel sangat sulit dicerna pada malam hari dan dapat meningkatkan asam pada lambunh.

Itulah beberapa buah-buahan dan jenis minuman atau akanan yang memiliki waktu khusus untuk dapat dikonsumsi dan dicerna baik oleh tubuh kita. Budayakan membaca dan tetap sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sesuai dengan aturan waktunya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak