alexametrics

Cukup Makan Makanan Ini Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Ayu Ratna
Cukup Makan Makanan Ini Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol
Ilustrasi kolesterol tinggi (Unsplash)

Penyakit kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol merupakan jenis khusus lipid yang disebut steroid.

Naiknya kadar kolesterol bisa menyebabkan gejala berupa rasa sakit alias nyeri dada di bagian depan. Biasanya, nyeri yang muncul sebagai tanda kolesterol naik juga terasa pada bagian lengan.

Siapa sangka penyakit ini juga kerap dialami oleh kalangan remaja. Tidak hanya kalangan lanjut usia. Untuk itu penting dalam menjaga asupan makanan yang sehat guna mencukupi gizi yang seimbang.

Berikut adalah makanan dan buah-buahan yang dapat dikonsumsi agar menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

1. Cokelat

Cokelat merupakan makanan enak dan lezat yang berasal dari biji kakao. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga dapat menjadi bahan minuman yang dapat diseduh dengan air hangat atau dingin.
Cokelat yang mengandung flavonoid, yakni antioksidan dipercaya dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

2. Alpukat

Selain dapat dimakan secara langsung maupun diolah menjadi jus, buah ini juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Karena mengandung asam oleat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah.

3. Teh Hitam dan teh hijau

Teh merupakan minuman yang mengandung kafeina yang dikonsumsi oleh sebagian beberapa negara. Teh yang dipercaya oleh wanita jepang untuk bahan kecantikan juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Dikonsumsi nya juga terbilang mudah. Cukup menyeduh daun atau pucuk daunnya atau tangkai daun dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.
Teh hitam dan teh hijau yang mengandung zat antioksidan kuat dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang dapat dikonsumsi. Kacang juga merupakan sumber nabati yang baik. Karena mengandung sumber protein gizi yang tinggi dapat melengkapi gizi seimbang dalam tubuh.

Pakar kesehatan dan ahli gizi mencatat bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung vitamin B, selenium, kromium dan vitamin E yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh Anda, menangkal radikal bebas, merawat kulit dan mencegah penuaan dini.

Selain itu, kacang-kacangan yang kaya akan asam lemak tak jenuh ganda seperti walnut, kacang mete, almond bisa membantu mengurangi kadar LDL.

5. Ikan

Ikan merupakan sumber protein hewani yang tinggi. Ikan mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega, yodium, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zink, taurin, serta coenzyme. Selain itu, kandungan omega 3 pada ikan jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani lainnya.

Ikan juga mengandung mineral yang kurang lebih sama banyaknya dengan mineral yang ada dalam susu seperti kalsium, phosphor, akan tetapi lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Seperti ikan salmon, tuna dan sarden yang memiliki omega 3 dipercaya dapat membantu trigliserida darah.

6. Pir dan apel

Pir dan apel merupakan buah yang berasal dari famili yang sama, yaitu Rosaceace. Kalori dalam buah ini memiliki ukuran porsi yang umum. Artinya tidak sedikit dan juga tidak kebanyakan.

Mengonsumsi buah pir segar setiap hari menunjukkan efek positif pada kemampuan tubuh mencegah kanker, menurunkan peradangan, serta menjaga keseimbangan pH tubuh, dan memiliki banyak kandungan pektin yakni sejenis serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Itulah beberapa makanan dan buah-buahan yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Mengkonsumsi setiap hari secara rutin memungkinkan dapat menghilangkan penyakit kolesterol.

Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak