alexametrics

Kandungan Kalori 7 Makanan Idul Adha dan Cara 'Membakarnya'

Funcrev
Kandungan Kalori 7 Makanan Idul Adha dan Cara 'Membakarnya'
Rendang sapi Millennium Hotel Sirih Jakarta. (Suara.com/Silfa Humairah)

Idul Adha merupakan perayaan besar umat Islam yang identik dengan penyembelihan hewan kurban setelah melaksanakan salat Ied. Setelah hewan kurban dipotong, baik sapi, kerbau, domba, maupun kambing, biasanya dagingnya akan langsung dibagikan kepada warga disekitar.

Tidak hanya umat Islam, umat beragama lain juga terkadang ikut bersama-sama merayakan momen besar tersebut dengan masak-masak. 

Setelah daging dibagikan kepada warga, biasanya daging tersebut akan segera diolah menjadi berbagai makanan khas Idul Adha. Karena hampir semua berkomposisi dari daging, makanan khas Idul Adha terkenal dengan kandungan kalorinya yang tinggi. Oleh karena itu berikut kandungan kalori dalam 7 makanan khas Idul Adha dan cara membakarnya.

1. Rendang

Ilustrasi rendang. (Instagram: @linagui.kitchen)
Ilustrasi rendang. (Instagram: @linagui.kitchen)

Siapa sih yang tidak kenal dengan masakan daging yang satu ini? Rendang merupakan masakan daging yang dimasak dengan campuran berbagai macam bumbu dan rempah yang kompleks.

Rendang dimasak dengan cara dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan kelapa. Dalam 1 porsi rendang (240 gram) terdapat 468 kalori dengan rincian: 51% lemak, 9% karbohidrat, 40% protein. Untuk membakar 490 kalori tersebut dibutuhkan lari dengan kecepatan 10 mph (6 min/mile) selama 30 menit.

2. Gulai

Ilustrasi gulai. (Instagram: @laurablackpepper)
Ilustrasi gulai. (Instagram: @laurablackpepper)

Hampir tidak lengkap rasanya jika merayakan Idul Adha tanpa masakan yang satu ini. Masakan berbahan baku daging ini dimasak dengan kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih.

Dalam 1 mangkok gulai daging sapi, terdapat sekitar 271 kalori dengan rincian: 39% lemak, 11% karbohidrat, 50% protein. Untuk membakar 270 kalori dibutuhkan bersepeda dangan kecepatan 14-15.9 mph selama 30 menit.

3. Sate Kambing

Ilustrasi sate kambing. (Instagram: @banjarmasinfood)
Ilustrasi sate kambing. (Instagram: @banjarmasinfood)

Selain kedua makanan di atas, sate kambing juga menjadi masakan yang paling banyak diolah saat merayakan hari raya Idul Adha. Pembuatannya yang mudah menjadi alasan bagi banyak orang mengapa masakan ini banyak diminati saat Idul Adha. Hanya dengan memotongnya kecil-kecil, kemudian ditusuk dan masukan ke dalam bumbu sederhana lalu dibakar, sate kambing telah dapat dinikmati sebagai hidangan spesial Idul Adha.

Di dalam 100 gram sate kambing terdapat 216 kalori dengan rincian: 57% lemak, 9% karbohidrat, 34% protein. Adapun untuk membakar 210 kalori dibutuhkan bermain tennis lapangan atau bermain sepatu roda atau berlari full selama 30 menit.

4. Tongseng

Ilustrasi tongseng. (Instagram: @julianti7788)
Ilustrasi tongseng. (Instagram: @julianti7788)

Masakan yang sejenis dengan gulai dengan bumbu yang lebih 'pekat' ini juga banyak ditemui saat lebaran Idul Adha. Perbedaan paling mencolok terletak pada penggunaan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng pada umumnya juga menggunakan daging kambing, meskipun ada pula tongseng daging sapi dan kerbau.

Dalam 1 mangkok tongseng biasanya terdapat sekitar 422 kalori dengan rincian: 61% lemak, 15% karbohidrat, 25% protein. Adapun untuk membakar 438 kalori dibutuhkan hiking selama 30 menit atau olahraga lainnya.

5. Semur Daging

Ilustrasi semur daging sapi. (Instagram: @mariaulfah1357)
Ilustrasi semur daging sapi. (Instagram: @mariaulfah1357)

Semur adalah makanan paling lumrah yang ada di Indonesia. Semur daging direbus dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh. Selain berbahan daging sapi dan kentang, semur juga biasanya terbuat dari bermacam-macam variasi dalam penyajiannya, seperti penambahan tahu, tempe, telur, ikan, dan bahan lain-lain sesuai dengan selera masyarakat di daerah masing-masing.

Di dalam 1 mangkok semur daging terdapat 337 kalori dengan rincian: 51% lemak, 12% karbohidrat, 36% protein. Untuk membakarnya dapat dengan berlari atau olahraga pembakar kalori lainnya.

6. Bakso Daging Sapi

Ilustrasi bakso sapi. (Instagram: @baksokemon)
Ilustrasi bakso sapi. (Instagram: @baksokemon)

Siapa sih tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Makanan yang terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Tidak hanya daging sapi tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam satu mangkok bakso daging sapi biasanya terdapat 283 kalori dengan rincian: 60% lemak,15% karbohidrat, 25% protein. Untuk membakar 300 kalori dibutuhkan berenang selama 30 menit.

7. Sop Iga Sapi

Ilustrasi sop iga. (Instagram: @intankarinaijo)
Ilustrasi sop iga. (Instagram: @intankarinaijo)

Iga sapi merupakan bagian yang juga banyak dijadikan olahan masakan. Iga sapi biasanya dijadikan sop iga. Selain dijadikan sop, iga sapi biasanya juga dimasak semur atau dipanggang.

Dalam 100 gram iga sapi, yang dipotong kecil diiris hingga 0,3 cm lemak, terdapat 254 kalori dengan rincian: 69% lemak, 0% karbohidrat, 31% protein. Untuk membakar 270 kalori dibutuhkan lari atau sepak bola selama 30 menit.

Dari informasi di atas, kira-kira akan seberapa banyak kalori yang masuk dalam tubuh kamu selama merayakan Idul Adha tahun ini? Tetap jaga kesehatan, olahraga, dan selalu patuhi protokol kesehatan adalah yang utama.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak