alexametrics

Jangan Asal Kucek, Berikut 4 Tips Ampuh Atasi Mata Gatal

Funcrev
Jangan Asal Kucek, Berikut 4 Tips Ampuh Atasi Mata Gatal
Ilustrasi mengucek mata yang gatal. (Unsplash/Christian Erfurt)

Mata gatal saat sedang melakukan aktivitas, memang terasa sangat menggangu dan membuat kita merasa kurang nyaman. Sebagai indera utama dalam melakukan setiap kegiatan, ketika mata tiba-tiba menjadi gatal tentu membuat pekerjaan terganggu. Terlebih mata merupakan bagian yang sensitif dan perlu sangat berhati-hati untuk mengatasinya.

Sebenarnya mata kita telah dilindungi lapisan pengaman yang dirancang untuk melindungi mata dari cedera. Namun, sistem keamanan ini bisa saja dengan mudah ditembus. Partikel, benda kecil, dan cairan bisa saja masuk ke mata hingga menyebabkan rasa gatal hingga iritasi. Mata kering dan gatal juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap polusi atau udara berasap.

Jika tiba-tiba Anda mengalami hal tersebut, jangan langsung Anda kucek dengan tangan, karena hal tersebut dapat menyebabkan mata Anda menjadi merah iritasi. Berikut cara tepat atasi mata gatal dengan aman.

1. Bersihkan mata dengan air bersih

Langkah awal yang lebih baik adalah dengan mencegahnya terlebih dahulu. Untuk mencegah mata gatal, Anda dapat meluangkan waktu untuk rutin membersihkan dan menjaga kesehatan mata. Jika jarang dibersihkan maka bahan kimia, debu, polusi, kotoran, serta riasan pada mata yang menumpuk bisa membuat mata terasa gatal. Anda juga dapat gunakan obat tetes mata, untuk membersihkan mata dari debu dan kotoran.

2. Kompres mata dengan air hangat atau dingin

Jika setelah dibersihkan mata masih tetap gatal, Anda bisa menempelkan kompres hangat di bagian mata yang gatal guna mengalihkan rasa gatal. Hal ini akan sangat bermanfaat jika rasa gatal tersebut disebabkan oleh oleh bintitan alias stye

Namun, jika mata yang gatal disebabkan oleh konjungtivitis atau mata merah, maka cara yang tepat untuk mengobatinya yaitu dengan menggunakan kompres dingin. Langkah ini biasanya ditempuh ketika gatal disertai mata merah.

3. Hindari penyebab alergi

Ada pepatah mengatakan, lebih baik siaga sebelum benar-benar terjadi. Langkah paling mudah mengatasi mata gatal adalah dengan menghindari penyebab alergi tersebut, sertai juga dengan pemakaian obat tetes mata atau minum obat antihistamin sesuai saran dokter agar mata tetap sehat dan terjaga.

Anda juga dapat memulainya dengan hal kecil seperti rutin mengganti sprei dan sarung bantal agar kuman tidak bersarang dan menyebabkan gangguan hingga iritasi pada mata.

4. Gunakan obat tetes mata

Jika benar-benar mendesak, maka langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata gatal adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Namun, jika diperlukan, sebaiknya obat yang Anda pakai merupakan obat anjuran dari dokter, sehingga keakuratan obat menjadi lebih dapat dipercaya. Menggunakan obat tetes mata dosis rendah, juga dapat dibiasakan untuk membersihkan mata, tentu saja jika sudah mendapatkan anjuran dokter. 

Itulah beberapa tips yang biasa digunakan orang untuk mengatasi dan menghindari mata gatal. Rasa gatal pada mata bisa terjadi kapan pun, oleh sebab itu, jika rasa gatal tersebut terus-menerus berlanjut sebaiknya untuk segera hubungi dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak