facebook

Tak Cuma Air Mineral, 7 Makanan dan Minuman Ini Bisa Mengatasi Dehidrasi

Dwi Oktaviani
Tak Cuma Air Mineral, 7 Makanan dan Minuman Ini Bisa Mengatasi Dehidrasi
Ilustrasi air minum. (Pexels/Pixabay)

Haus merupakan salah satu sinyal bahwa tubuh telah mulai mengalami dehidrasi. Dehidrasi terjadi karena lebih banyak cairan yang dikeluarkan daripada yang dikonsumsi. Penyebab dehidrasi bisa bermacam-macam, misalnya cuaca panas, efek obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan. 

Apabila dibiarkan, dehidrasi bisa mendatangkan berbagai dampak negatif. Dehidrasi bisa membuat kita pingsan, pusing, haus, lelah, mulut kering, dan kesulitan fokus. 

Selain minum air mineral, ada beberapa cara untuk mengatasi dehidrasi. Berikut 7 makanan dan minuman untuk mengatasi dehidrasi sebagaimana disadur dari healthline.

1. Air Kelapa

Saat mengalami dehidrasi, tubuh membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya. Dalam kebanyakan kasus, tubuh juga harus mengisi kembali elektrolit yang hilang dalam cairan dari tubuh, seperti keringat dan urin. 

Air kelapa sangat bagus diminum saat kamu mengalami dehidrasi, karena kelapa menyediakan air yang sangat dibutuhkan, pemasok elektrolit, dan beberapa karbohidrat. Ini sangat penting jika kamu mengalami dehidrasi dan juga dapat membantu mencegah kram otot. 

2. Kaldu dan Sup

Sama seperti air kelapa, kaldu dan sup memberikan kandungan air serta elektrolit yang tinggi. Selain itu, kaldu dan sup dengan protein hewani juga menyediakan kolagen. Ini adalah protein yang berasal dari hewan yang penting untuk kesehatan persendian, bisa mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh aktivitas berlebihan. 

3. Semangka, Melon Madu

Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Terutama pada buah-buahan seperti semangka dan melon, yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Ini dapat menjadi pilihan terbaik saat kamu mengalami dehidrasi. 

4. Gazpacho

Gazpacho adalah sup tomat dan sayuran mentah yang populer di Spanyol dan Portugal, terutama saat musim panas. Bahan utamanya adalah tomat yang kaya akan elektrolit kalium dan banyak nutrisi lainnya, dengan 94 persen kandungan air. 

Untuk membuat gazpacho, kamu bisa memblender tomat mentah bersama mentimun dingin, sepotong paprika, minyak zaitun, bawang putih, bawang merah, sedikit garam, dan merica. Makanan tersebut dapat membantu kamu tetap terhidrasi. 

5. Smoothie

Smoothie juga salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak cairan ketika sedang dehidrasi. Smoothie mengambil basis cair, seperti susu, atau jus, ditambah beberapa buah dan sayuran. Terkadang pula ditambah yogurt untuk menambah protein. Hasilnya, makanan ini dapat menyegarkan dan mengisi kembali cairan yang hilang.

6. Susu

Segelas susu memberikan cairan, protein, karbohidrat, dan sedikit lemak. Ini dapat menjaga kita untuk tetap terhidrasi karena mengandung banyak elektrolit bermanfaat. Susu juga dapat mengatasi ketika kamu hilang nafsu makan dan mual. Jika mengalami dehidrasi karena kepanasan, minum susu dingin dapat menjadi solusinya. 

7. Tzatziki

Tzatziki merupakan salah satu makanan Yunani yang dibuat dengan yogurt dan mentimun. Kedua bahan tersebut mengandung air yang dapat membantu ketika sedang dehidrasi. Yogurt dan mentimun sama-sama memiliki kandungan air sebanyak 85 persen.

Itu dia makanan dan minuman yang bisa dijadikan pilihan ketika sedang dehidrasi. Namun, perlu diingat hal yang wajib dilakukan untuk menghindari dehidrasi adalah minum cukup air, makan makanan yang kaya air, dan perhatikan warna urin kamu.

Pastikan warna urin kuning muda, seperti limun, hingga kuning pucat. Urin yang lebih gelap adalah tanda dehidrasi. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak