facebook

10 Tips Merawat Rambut Diwarnai Agar Tidak Rusak, Mudah bagi Pemula

Dwi Oktaviani
10 Tips Merawat Rambut Diwarnai Agar Tidak Rusak, Mudah bagi Pemula
Ilustrasi rambut rontok. (freepik.com)

Mengganti warna rambut menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi kalau warna rambut sesuai dengan undertone kulit. Hal itu bisa membuat wajah tampak semakin segar dan cerah.

Namun, di balik warna yang cantik, terdapat dampak negatif terhadap rambut apabila tidak rajin merawatnya. Bahan kimia yang ada di dalam cat bisa membuat rambut rusak. Batang rambut menjadi kering, mudah patah, bahkan bercabang. 

Banyak yang belum paham soal cara merawat rambut yang diwarnai. Tak sedikit yang malah bingung saat warna rambutnya pudar atau bertambah terang. Menyadur dari beberapa sumber, berikut 10 tips merawat rambut diwarnai.

1. Jangan langsung keramas setelah mewarnai rambut

Setelah membilas rambut dari cat yang telah kamu oleskan pada rambut, kamu tidak perlu langsung keramas menggunakan shampo. Hal ini dilakukan karena lapisan kutikula rambut akan terbuka ketika menjalani proses pewarnaan. Kalau langsung keramas, warna pada rambut akan luntur atau memudar. Tunggu sekitar 2-3 hari untuk keramas agar  warna rambut benar-benar meresap ke kutikula, agar tak mudah memudar. 

2. Gunakan Teknik Co-Washing

Menyadur dari allthingshair, Co-Washing merupakan kepanjangan dari Conditioner Washing. Prinsipnya adalah mencuci rambut hanya dengan air (tanpa shampo), namun tetap menggunakan conditioner setelahnya. Namun teknik ini tidak disarankan untuk digunakan terus menerus, mengingat penumpukan debu dan minyak pada kulit kepala bisa menimbulkan masalah rambut. 

Lakukan teknik ini dua kali dalam seminggu dan keramas dengan shampo seperti biasa saat weekend. Hal ini akan memberikan perbedaan yang signifikan dibanding jika kamu keramas menggunakan shampo secara terus menerus. 

3. Hindari Terlalu Banyak Paparan Sinar UV

Di negara tropis ini, sebisa mungkin melindungi rambut dari teriknya sinar matahari. Layaknya kulit yang bisa terbakar karena sinar UV, rambut juga bisa rusak karena paparan tersebut. Gelombang ultraviolet meresap ke kutikula rambut, sehingga dapat melunturkan warna cat rambut.

Hal ini bisa diatasi dengan menyemprotkan hair sunscreen pada rambut yang lembab seusai keramas. Pakai topi atau syal untuk menutupi rambut dari sinar matahari. 

4. Hindari Klorin

Mengutip dari Newbeauty, Klorin pada kolam renang akan mengubah rambut pirang berubah warna menjadi hijau. Sementara rambut yang lebih gelap menjadi kusam dan kehilangan kilaunya. Ini karena klorin tertarik pada bagian rambut yang berpori. 

Jika terpaksa harus berenang, selalu bawa baby oil. Gosokkan baby oil pada rambut yang masih dalam kondisi kering. Pemakaian baby oil mencegah penyerapan rambut dari kandungan mineral dalam air yang membuat rambut kusam. Usai berenang, segera bilas rambut dengan air keran. 

5. Gunakan Shampo Bebas Sulfat

Agar warna rambut tetap awet, disarankan untuk menggunakan shampo dengan kandungan bebas sulfat. Sulfat merupakan kandungan yang menimbulkan busa pada shampo. Kandungan ini dinilai dapat memudarkan warna rambut dengan cepat. Jadi disarankan untuk menggunakan shampo bebas sulfat agar warna rambut tidak pudar. 

6. Jangan Terlalu Banyak Mengaplikasikan Bahan Kimia ke Rambut

Mulai dari hairspray sampai dengan produk penataan rambut dengan kandungan alkohol dapat berkontribusi pada pemudaran warna rambut. Bahan kimia yang ditemukan produk tersebut membuka kutikula yang memungkinkan warnanya keluar. 

7. Hindari Penggunaan Hair Styling

Setelah mewarnai rambut, hindari penggunaan alat styling, seperti hair dryer atau catok rambut, setidaknya selama seminggu. Suhu panas dari alat tersebut akan mempercepat proses memudarnya cat rambut. 

8. Hindari Air Panas saat Keramas

Keramas dengan menggunakan air panas dapat mengangkat lapisan luar warna rambut dan menyebabkan warna memudar. Sebaiknya bilas dengan air dingin atau sesuai dengan suhu ruangan, karena dapat membantu menutup kutikula dan mengunci warna rambut kamu. 

9. Hindari terlalu Sering Keramas

Untuk menjaga warna rambut tetap segar selama mungkin, disarankan untuk keramas dua hingga tiga kali per minggu. Jika keramas setiap hari, itu tidak hanya menghilangkan warna pada rambut, tetapi juga minyak alami yang dibutuhkan untuk melembabkan rambut serta kulit kepala, agar terlihat segar dan sehat. 

10. Hindari Penggunaan Masker Rambut

Sebagian orang mengira, menggunakan masker rambut dapat memberikan berbagai manfaat. Termasuk menyehatkan dan menjaga warna rambut tetap utuh. Padahal justru sebaliknya. Masker menembus ke dalam rambut dan dapat menyeret pigmen warna keluar bersama dengan mereka. 

Itu tadi tips merawat rambut diwarnai selama di rumah aja. Kamu harus merawatnya agar rambut tetap sehat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak