alexametrics

Stop Kucek Mata! Ini Akibat Keseringan Mengucek Mata

Lintang
Stop Kucek Mata! Ini Akibat Keseringan Mengucek Mata
Ilustrasi Mengucek Mata. (Shutterstock)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengucek mata dapat membahayakan penglihatan, namun kerap diremehkan beberapa orang, terlebih mengucek mata terjadi akibat refleks apabila merasa gatal, kelilipan hingga mengantuk. Namun, siapa sangka kebiasaan ini ternyata dapat mengakibatkan hal yang cukup berbahaya bagi kesehatan mata, lho!

Dikutip dari klikdokter.com, memang mengucek mata dapat memberikan efek terapeutik yakni menstimulasi saraf vagus yang dapat memperlambat detak jantung dan mengurangi stres.

Di sisi lain, mengucek mata dapat meningkatkan risiko gangguan penglihatan. Berikut dampak yang akan terjadi apabila keseringan mengucek mata:

1. Abrasi kornea

Kegiatan mengucek yang dilakukan berulang-ulang dapat memberikan goresan pada kornea. Kondisi ini disebut dengan abrasi kornea. Apabila terjadi terus menerus berisiko akan merusak kornea mata.

2. Iritasi mata

Bahaya mengucek mata dapat menyebabkan iritasi akibat gesekan benda asing atau tekanan pada mata. Bisa juga, iritasi terjadi karena menyentuh mata dengan tangan yang penuh dengan kuman. Akibat paling ringan yang bisa terjadi adalah membuat mata merah.

3. Perubahan bentuk kornea

Kondisi ketika kornea mata mengalami perubahan, seperti penipisan dan pengerucutan ke luar disebut juga dengan Keratokonus. Hal ini terjadi karena terlalu sering mengucek mata dapat membelokkan cahaya ke arah yang salah dan dapat mengakibatkan penurunan penglihatan.

4. Kelopak mata melonggar

Elastisitas kelopak mata dapat hilang akibat terlalu sering mengucek mata. Tentu akan merubah penampilan kamu.

5. Kantung mata menghitam

Selain elastisitas kelopak mata dapat menghilang, keseringan mengucek mata dapat menyebabkan kantung mata membesar dan menghitam.

Melihat beberapa akibat yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan mata, ini cara paling cepat dan tepat untuk mengatasi mata gatal:

  • Segera bilas mata dengan air bersih atau air yang mengalir.
  • Gunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan, atau menggunakan cairan steril khusus. 
  • Bersihkan mata secara hati-hati, dengan perlahan mengambil kotoran yang ada di mata menggunakan alat atau tangan yang sudah bersih.
  • Kedip-kedipkan mata, lakukan sampai mata tidak terasa gatal atau sampai kotoran yang terlihat (bulu mata jatuh) keluar.

Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak