facebook

Catat! 5 Makanan Siap Saji yang Dapat Mengganggu Kesehatan Kamu

Pekik
Catat! 5 Makanan Siap Saji yang Dapat Mengganggu Kesehatan Kamu
Ilustrasi Makanan Siap Saji. (Robin Stickel/Unsplash)

Makan siang diganti dengan makanan siap saji, seperti kentang goreng, burger hingga pizza. Mereka dipilih karena bisa dipesan dan disajikan dengan cepat, praktis dan juga rasanya lumayan enak.

Walaupun dapat menghemat waktu, makanan siap saji ini dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan bila sering dikonsumsi. Karena makanan tersebut minim gizi dan serat. Sedangkan tubuh manusia membutuhkan keduanya agar metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik.

Menyadur informasi dari liputan6, berikut ini adalah lima makanan siap saji dan dampak buruknya bagi kesehatan:

1. Burger

Makanan siap saji yang pertama adalah Burger. Makanan ini sangat tidak asing bagi warga Amerika. Selain rasanya yang enak, juga sangat praktis dan cepat disajikan.

Burger ini juga dikenal oleh masyarakat Indonesia, sejak waralaba McDonald dan KFC merambah di Indonesia.

Ternyata banyak mengonsumsi burger dapat menimbulkan obesitas. Padahal obesitas itu mudah sekali terkena penyakit. Selain itu, burger juga dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan ginjal dan stroke.

Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi burger sesering mungkin. Jika tidak, kesehatan kamu bisa terganggu.

2. Kentang goreng

Makanan cepat saji yang satu ini tidak kalah menariknya bagi masyarakat perkotaan. Selain rasanya yang enak, kentang goreng akan lebih lezat jika dilahap dengan saos sambal.

Tapi, hati-hati! Mengkonsumsi kentang goreng terlalu sering akan berakibat buruk bagi kesehatan kamu. Sebenarnya, makanan apapun yang digoreng dengan minyak sayur itu tidak baik. Termasuk kentang goreng. Ia memiliki bahan kimia yang dapat menimbulkan penyakit kanker.

3. Pizza

Makanan siap saji lainnya yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia adalah pizza. Makanan ini berasal dari Italia yang dibuat dari tepung roti dan kerap disajikan menggunakan keju, daging dan saos.

Satu pizza bisa dibuat slice atau potongan menjadi 4 sampai enam bagian. Rata-rata satu slice-nya bisa memiliki 600 kalori. Pizza juga mengandung lemak jenuh, sodium dan karbohidrat yang tinggi. Sehingga jika dikonsumsi terlalu sering akan berdampak bagi kesehatan, terutama obesitas.

4. Hotdog

Makanan siap saji yang satu ini masih sulit ditemukan di pedesaan. Namun, bagi masyarakat yang tinggal di kota sudah terbiasa dengan hotdog. Lapisan roti yang berisi daging sapi berbentuk lonjong panjang dan ditaburi dengan mayonase, saos sambal dan tomat ini memang lezat untuk disantap.

Namun, bila terlalu sering makan hotdog dapat menimbulkan berbagai penyakit. Seperti diabetes, kanker dan meningkatkan potensi penyakit jantung.

5. Es krim

Cuaca terik dan panas sangat menggoda seseorang untuk menyantap es krim. Makanan berbahan dasar susu, krim, gula dan air ini sangat dikenal siapa saja, dari anak kecil sampai manula.

Dengan takaran kadar gula yang tidak normal, es krim bisa membuat obesitas hingga diabetes. Makan es krim terlalu banyak bisa membahayakan kesehatan jantung. Asupan lemak jenuh yang tinggi berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol buruk dalam tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung.

Makanan siap saji memang memikat siapa saja. Karena rasanya yang enak dan cepat disajikan. Namun, bahaya mengancam bagi siapapun yang terlalu sering mengonsumsinya sebagaimana beberapa penjelasan di atas. Maka, berhati-hatilah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak