alexametrics

Sering Dianggap Buruk, Ini 5 Kelebihan Menjadi Orang Pemalu

Pekik Aulia
Sering Dianggap Buruk, Ini 5 Kelebihan Menjadi Orang Pemalu
Ilustrasi pemalu (pixabay)

Orang pemalu masih dianggap sebagai suatu kelemahan di mata publik. Sebab sifat pemalu yang dimiliki seseorang dapat menyulitkan dirinya menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Hal itu tidaklah salah, namun tidak selalu benar. 

Bagi sebagian orang, memiliki sifat yang pemalu justru menjadi suatu keuntungan. Orang yang pemalu biasanya memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk memahami diri sendiri, serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang ia miliki. 

Kelebihan menjadi pemalu 

Menjalani hidup dengan penuh rasa positif bisa menjadi salah satu dampak dari cara hidupnya orang yang pemalu. Sebagaimana dikutip dari sehatq, berikut ini lima kelebihan dari sifat pemalu, di antaranya: 

1. Gampang fokus dalam bekerja 

Menyelesaikan pekerjaan dan tugas yang menumpuk memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Bagi orang yang pemalu, biasanya memiliki dua keahlian tersebut.  

Orang-orang pemalu selalu punya banyak waktu untuk mengerjakan sesuatu. Sebab mereka tidak banyak koneksi sosial yang harus mereka selesaikan. Mereka juga tidak disibukan dengan pengakuan orang lain atas apa yang mereka lakukan. 

2. Punya daya kreatifitas  

Tidak banyak mengeluarkan banyak waktu untuk kumpul bersama teman atau kolega, bagi orang pemalu memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan bakat dan potensinya. Oleh sebab itu, ia cenderung lebih kreatif. 

Sebagai contoh, seorang pemalu yang memiliki kemampuan menulis. Dengan banyaknya waktu yang ia miliki, ia dapat terus belajar dan terus meningkatkan keahlian menulisnya sampai pada level yang tinggi. 

3. Orang yang pemalu adalah sahabat yang baik 

Kekurangan bagi seseorang yang memiliki sifat pemalu ialah tidak mudah untuk mendapatkan seorang teman. Namun, ketika sudah mendapatkannya, ia akan menjaga betul persahabatan yang diperolehnya.  

Sulit untuk menemukan sahabat. Akan tetapi sekali saja ia mendapatkan sahabat, ia akan benar-benar menghargai dan menjaga agar tetap utuh. Itulah sebabnya, ia bisa menjadi sahabat yang baik. 

4. Tidak mudah untuk sembarangan bertindak 

Sebagian orang ada yang tidak sabar dan bersikap reaktif ketika menghadapi berbagai masalah. Namun, hal itu tidak berlaku bagi orang yang pemalu. Karena ia akan selalu menimbang segala tindakan yang ia ambil dalam menghadapi setiap persoalan. 

Ternyata di balik rasa malunya, tersimpan keahlian yang baik dalam menyelesaikan berbagai masalah. Itulah mengapa orang yang pemalu tidak mudah untuk bertindak sembarangan. 

5. Lebih nyaman diajak bicara 

Orang pemalu adalah orang yang enak dan nyaman untuk diajak bicara. Karena ia mempunyai sifat yang tidak suka menonjolkan diri dan cenderung berkarakter yang rendah hati. Apapun pembicaraannya terbebas dari komentar-komentar yang negatif.  

Diskusi dengan orang yang memiliki sifat pemalu juga selalu terjaga kerahasiaannya. Baik dari hal yang umum sampai paling pribadi, wal hasil diskusi pun akan berjalan dan berakhir dengan baik dan nyaman. 

Kamu yang merasa memiliki sifat pemalu, kini tak harus minder lagi. Karena kamu punya sederet kelebihan yang juga disukai oleh banyak orang. Jadi, meski pemalu tetaplah percaya diri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak