facebook

5 Cara Ampuh Menyembuhkan Sariawan Menggunakan Bahan Alami

Lintang
5 Cara Ampuh Menyembuhkan Sariawan Menggunakan Bahan Alami
Ilustrasi Sariawan (pexels).

Stomatitis aphtosa, lebih dikenal sebagai sariawan, adalah luka atau peradangan di sekitar bibir dan dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman bagi penderitanya.

Sariawan dapat mengganggu penderita saat sedang makan, minum, atau berbicara. Tidak hanya itu, sariawan juga dapat memeberikan berbagai macam penyakit lain seperti migrain, bibir dan pipi bengkak, hingga sakit gigi.

Sariawan dapat muncul di bagian manapun di dalam mulut, seperti lidah, bibir, pipi bagian dalam, hingga gusi.

Sariawan disebabkan oleh beberapa macam kondisi seperti tidak sengaja tergigit atau kesalahan dalam menyikat gigi, infeksi jamur, virus, atau bakteri di mulut, penyakit autoimun seperti lupus,  serta kondisi tertentu seperti perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, merokok, dan faktor genetik.

Umumnya sariawan akan sembuh dalam sendirinya dalam 1-2 minggu. Namun, sariawan itu kerap mengganggu aktivitas. Anda bisa melakukan penanganan di rumah dengan beberapa bahan alami untuk meredakan nyeri secara mudah dan cepat. Bahkan bahan-bahan ini bisa Anda temukan di rumah tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

1. Menggunakan Air Garam

Garam adalah salah satu cara ampuh untuk menyembuhkan sariawan. Menyadur dari Healthline, antiseptik yang terkandung dalam garam dapat mengatasi berbagai masalah mulut.

Anda hanya perlu melarutkan garam secukupnya ke dalam 1 gelas air hangat, kemudian gunakan seperti obat kumur biasanya selama kurang lebih 15-30 detik, dan keluarkan.

2. Air hangat dicampur soda kue

Soda kue atau baking soda (sodium bicarbonate) dapat mengembalikan keseimbangan pH dalam mulut, sehingga dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Sama seperti garam, Anda hanya memerlukan air hangat dan soda kue untuk dicampur dan dijadikan obat kumur.

3. Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin B12 yang tinggi

Para ahli menduga salah satu sebab timbulnya sariawan adalah kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Kebutuhan vitamin B12 harian rata-rata orang dewasa adalah 2,48 mg. Maka dari itu, cukupi kebutuhan vitamin B12 dari makanan-makanan seperti ikan, daging, kerang, telur, susu, keju.

4. Konsumsi vitamin C tinggi

Vitamin C dapat berperan dalam proses penyembuhan luka dan membangun daya tahan tubuh untuk melawan infeksi. Makanan yang kaya akan vitamin C dan bisa Anda konsumsi antara lain buah lemon, jeruk nipis, jeruk, cabai, bayam sawi, brokoli, dan masih banyak lagi.

5. Menggunakan obat sariawan

Sariawan juga memiliki obat khusus untuk menyembuhkannya, yaitu obat yang mengandung benzocaine (anestesi) atau sodium tetraborate. Anda dapat menemukannya di apotek terdekat.

Cara Mencegah Sariawan

Selain cara menyembuhkan sariawan, Anda juga perlu untuk mencegah sariawan agar tidak datang lagi. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan mulut, sikat gigi yang bersih namun perlu menggosoknya secara hati-hati, gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut. Anda juga perlu memperhatikan asupan vitamin setiap harinya.

Semoga cara menyembuhkan sariawan dan cara mencegah sariawan yang sudah kamu jelaskan di atas dapat membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak