alexametrics

5 Manfaat Minum Air Hangat, Termasuk Cegah Penuaan Dini

Pekik
5 Manfaat Minum Air Hangat, Termasuk Cegah Penuaan Dini
Ilustrasi air putih hangat (Unsplash//Jana Sabeth)

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan tidak membiarkan tubuh kita dalam kondisi dehidrasi. Karena sebagian tubuh kita terdiri dari 60 - 70 persen kandungan cairan. Oleh karena itu, membiasakan diri untuk minum air putih adalah hal yang baik.

Bukan sekadar air putih, namun minuman yang disuguhkan dalam suhu yang hangat dapat memberikan efek kebaikan ganda. Menurut penelitian para ahli, air putih yang diminum dalam kondisi hangat akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika itu dilakukan secara rutin setiap hari.

Disadur dari orami, berikut ini lima khasiat minum air putih dalam suhu hangat setiap hari:

1. Meredakan gejala pilek

Nenek moyang kita yang hidup di zaman dulu sering memberi petuah. Salah satunya adalah membiasakan air hangat, karena hal itu dapat membantu meredakan gejala pilek.

Ternyata petuah itu bukan hanya omongan kosong belaka. Kalau kita coba meminum air hangat ketika gejala pilek seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat muncul, gejala tersebut bisa sedikit berkurang.

Gejala pilek seseorang berkurang ketika terapi dengan minum air hangat, karena uap dapat mencairkan lendir-lendir dalam hidung, sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Melancarkan aliran darah

Bukan hanya obat-obatan yang membuat vasodilator, tapi minum air hangat juga memiliki fungsi melebarkan pembuluh darah. Vasodilator adalah golongan obat yang digunakan untuk melebarkan pembuluh darah, agar darah dapat mengalir dengan lebih lancar.

Dengan melebarnya pembuluh darah, maka peredaran darah pun menjadi semakin lancar. Sehingga, ketika sirkulasi darah tidak ada hambatan, nutrisi, oksigen dan mineral dapat disalurkan ke seluruh tubuh dengan baik. Selain itu, tubuh menjadi rileks dan menghilangkan rasa nyeri.

3. Sistem pencernaan menjadi sehat

Saat kita makan, kenapa harus dibarengi dengan minum setelahnya? Sebab, air dapat membantu usus melancarkan dalam berkontraksi untuk membuang sisa-sisa makanan hasil pencernaan.

Nah, air hangat yang kita minum lebih membantu lagi usus berkontraksi. Dengan begitu, bila seseorang mengalami sembelit, air hangat membantu mengurangi gejalanya.

4. Mengeluarkan racun-racun dalam tubuh

Air hangat yang harganya murah meriah akan lebih menguntungkan bila kita membeli berbagai obat detok yang harganya lumayan merogoh kantong. Air hangat juga dapat membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Menurut para ahli kesehatan, air keringat yang dikeluarkan tubuh hasil metabolisme dari minuman air hangat, membawa racun-racun dalam tubuh. Selain itu, pori-pori kulit menjadi lebih bersih.

5. Cegah penuaan dini

Mau, menjadi awet muda? Jika iya, rutinlah minum air hangat sebelum tidur. Sebab, efek baiknya membuat tidur kita semakin berkualitas.

Selain tidur menjadi berkualitas, khasiat air hangat yang dikonsumsi sebelum tidur dapat membantu tubuh kita menjadi lebih rileks. Nah, tubuh yang selalu dalam kondisi rileks mengurangi penuaan dini.

Ditambah, air hangat dapat mengganti sel-sel kulit yang sudah mati dengan yang baru, sehingga makin sehat dan terjaga elastisitasnya.

Demikian lima khasiat air putih hangat. Pastikan asupannya bisa tercukupi, agar tubuh kita menjadi semakin sehat setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak