alexametrics

5 Jenis Minuman Sehat Penghilang Rasa Capek, Kopi dan Ginseng Masuk Daftar

Pekik
5 Jenis Minuman Sehat Penghilang Rasa Capek, Kopi dan Ginseng Masuk Daftar
Ilustrasi jenis minuman sehat.(Pixabay)

Aktivitas sehari-hari yang kita lakukan seperti bekerja atau beres-beres rumah dari pagi hingga petang bisa benar-benar menguras tenaga. Tak jarang membuat kita merasa kelelahan.

Untuk mengembalikan rasa capek dan lelah kita bisa mengambil waktu untuk beristirahat. Namun, di samping istirahat, mengkonsumsi minuman yang sesuai juga bisa membantu mengembalikan energi yang hilang.

Mengutip dari healthline, berikut ini adalah beberapa minuman yang dapat membantu kita mengurangi rasa lelah, pegal dan capek karena rutinitas kegiatan kita sehari-hari, di antaranya:

1. Air putih

Tubuh kita terdiri dari banyak sel-sel. Agar mereka dapat bekerja dan berfungsi dengan baik perlu didukung dengan konsumsi air putih. Untuk menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi, juga diperlukan air putih yang cukup. Selain itu, air putih dapat menjaga kesehatan kita dan membuat badan tetap segar.

2. Teh Hijau

Minuman yang dapat membantu mengembalikan energi dan menghilangkan rasa capek berikutnya adalah teh hijau. Minuman ini mengandung sejumlah kafein yang tidak terlalu banyak yang dapat membantu kita tetap awas dan produktif.

Antioksidan yang dimiliki teh hijau dapat menjaga kita dari zat-zat radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Oleh sebab itu, minum teh hijau menjadikan kita tidak mudah capek dan lelah, sehingga pekerjaan yang menanti dapat diselesaikan dengan penuh gairah dan semangat.

3. Ginseng

Ada minuman tradisional yang dapat membantu menghilangkan rasa capek. Ia adalah minuman yang mengandung ginseng. Minuman ini juga menjaga stamina kita saat berolahraga sehingga tidak gampang lelah.

Senyawa yang dikandung dalam ginseng seperti ginsenosides, eleutherosides, dan ciwujianosides inilah yang dipercaya memberi manfaat untuk meningkat energi.

Namun, bila ingin mendapatkan manfaat dan kebaikan yang diberikan minuman yang mengandung ginseng ini perlu sesuai ukuran. Kelebihan dosis dalam mengkonsumi minuman berenergi ini justru mengganggu kesehatan.

4. Kopi

Kopi adalah minuman yang dikenal sebagai minuman yang berkhasiat. Senyawa polifenol yang terkandung dalam kopi dapat memberikan energi, mengurangi gejala stres dan membantu kinerja tubuh berfungsi dengan baik.

Sama halnya seperti minuman yang berginseng, sebaiknya meminum kopi sewajarnya saja, jangan sampai berlebihan. Bila kita mengonsumsi kopi di atas ukuran wajar, justru akan berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya membuat usus bekerja lebih aktif, diare, maag dan kambuhnya GERD.

5. Minuman Isotonik

Minuman penghilang rasa capek dan bisa mengembalikan energi yang terakhir adalah minuman yang berisotonik. Minuman ini dapat mengembalikan cairan tubuh yang keluar melalui keringat.

Minuman isotonik ini mengandung elektrolit dan karbohidrat sebesar 6-8 persen. Manfaatnya adalah untuk memulihkan atau menjaga stamina tubuh. Minuman isotonik alami terbaik di dunia adalah air kelapa.

Jangan sampai rasa lelah dan capek menghentikan kita untuk beraktifitas. Untuk membantu agar kita tetap produktif semoga informasi lima jenis minuman di atas yang membantu mengembalikan energi. Minuman manakah yang kamu suka?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak