facebook

Sakit Kepala Karena Stres, Gunakan 5 Tips Keren Berikut Ini!

Pekik Aulia
Sakit Kepala Karena Stres, Gunakan 5 Tips Keren Berikut Ini!
Ilustrasi Sakit Kepala (pixabay)

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Ia adalah salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Kondisi ini menunjukan gejala suatu penyakit. 

Sakit kepala juga bisa disebabkan karena ditimbulkan oleh gejala stres. Ketika Anda sedang berada pada kondisi yang penuh tekanan akibat pekerjaan yang nenumpuk, memikirkan tagihan-tagihan yang belum terbayar, belum lagi ditambah persoalan yang muncul akibat pertengkaran dengan pasangan. Situasi-situasi demikian dapat memicu kepala Anda menjadi sakit. 

Sakit kepala bisa menganggu aktifitas harian Anda. Jangan khawatir, mengutip hellosehat berikut ini beberapa tips menghilangkan sakit kepala akibat stres yang bisa Anda simak berikut ini: 

1. Lakukan terapi relaksasi 

Bila Anda ingin merasa lebih tenang dan mengurangi gejala stres, coba gunakan teknik terapi relaksasi ini. Terapi ini dilakukan dengan cara bermeditasi, supaya Anda bisa memusatkan pikiran agar perasaan bisa lebih tenang. 

Cara menerapkan tehnik ini adalah dengan cara mengolah dan mengatur pernafasan. Perhatikan dan fokus betul saat nafas masuk dan keluar. Lakukan terapi ini sampai Anda betul-betul merasakan ketenangan.  Terapi relaksasi ini bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Sehingga ketika gejala stres Anda muncul, langsung saja bisa Anda lakukan. 

2. Rajin Berolahraga 

Salah satu cara yang lainnya yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit kepala Anda akibat stres adalah dengan berolahraga. Suasana mood juga dipercaya menjadi baik karena rajin berolahraga secara rutin.  

Gerakan-gerakan pada olahraga yang Anda lakukan dapat merangsang tubuh Anda sehingga dapat memproduksi hormon-hormon seperti dopamin. Hormon tersebut memiliki fungsi untuk memberikan rasa bahagia pada perasaan Anda. 

Anda bisa mengawalinya dengan jalan-jalan selama 30 menit selama lima kali dalam seminggu. Memulainya dengan olahraga yang ringan sehingga Anda tidak merasa keberatan. Kemudian jika sudah terbiasa, baru ditingkatkan intesites pergerakannya, bisa dengan berlari atau senam aerobik  

3. Istirahat yang cukup

Kekurangan istirahat seperti tidur yang cukup dapat membuat Anda lebih cepat capek, sehingga tubuh Anda gampang memproduksi hormon penyebab stres, yaitu hormon kortisol. Selain itu, hormon tersebut juga dapat mengganggu fokus dan konsentrasi Anda. Sakit kepala pun jadi gampang menyerang akibat gejala stres. 

Untuk itu, perbaiki pola dan jadwal tidur Anda. Jangan sampai waktu tidur Anda terganggu oleh hal-hal seperti menonton TV , bermain ponsel atau membiasakan mengerjakan pekerjaan sampai larut malam. Buatlah jadwal waktu tidur dan bangun sesuai dengan standar kesehatan, yakni 8 jam. 

4. Berhenti melakukan kebiasaan buruk 

Kebiasaan-kebiasan buruk menjelang tidur sebaiknya Anda hindari. Seperti minum kopi, alkohol dan merokok karena mengandung kafein dan zat-zat kimia yang berdanpak buruk bagi kesehatan. Kebiasaan ini juga akan membuat Anda merasa suntuk, lelah dan capek di pagi harinya.  Gantilah kebiasaan-kebiasaan buruk di atas dengan hal-hal yang baik. Sehingga Anda pun terhindar dari stres dan sakit kepala. 

5. Lakukan aktifitas yang Anda sukai

Melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda sukai akan menjauhkan Anda dari gejala stres. Manfaatkanlah waktu luang Anda dengan baik ketimbang memikirkan hal-hal negatif yang membuat Anda menjadi penat dan pusing.  

Seperti melakukan hobi membaca, memancing, bersepeda dan lain sebagainya. Mengerjakan hobi tidak akan memberikan kesempatan Anda untuk memikirkan hal-hal yang membuat Anda stres. Justru sebaliknya, perasaan dan hati Anda akan menjadi senang dan gembira. 

Jangan tunggu lama lagi! Ketika kepala Anda mulai sakit akibat gejala-gejala stres, Anda bisa melakukan hal-hal dari nomor satu sampai nomor lima yang sudah diuraikan di atas. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak