alexametrics

5 Tips Jitu Mengatasi Uban di Usia Muda

Funcrev Id
5 Tips Jitu Mengatasi Uban di Usia Muda
Ilustrasi rambut beruban.(Unsplash)

Kemunculan uban sering kali mengganggu dan dapat mengurangi rasa percaya diri saat tampil di muka umum. Uban memang dapat ditimbulkan oleh faktor genetik maupun usia, dan hal tersebut sangat tidak bisa Anda hindari begitu saja.

Bagi sebagian orang mungkin menganggap uban sebagai bentuk kedewasaan dan kebijaksanaan. Namun, tidak sedikit orang yang sangat merasa terganggu dengan keberadaannya. Maka dari itu, berikut adalah cara mengatasi uban yang muncul di usia muda agar tidak bertambah banyak yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Berhenti merokok

Mengutip Italian Dermatology Online Journal, salah satu penyebab munculnya uban di usia muda salah satunya adalah karena adanya kebiasaan merokok. Hal ini disebabkan karena kebiasaan buruk merokok dapat menyebabkan rusak dan menyusutnya folikel rambut. Belum lagi rokok juga dapat menyebabkan hilangnya pigmentasinya sehingga uban bisa muncul walau usia masih relatif muda.

Dalam Italian Dermatology Online Journal dijelaskan bahwa seorang perokok dinilai lebih rentan mengalami ubanan di usia muda, bahkan sebelum usianya menginjak 30 tahun.

2. Gunakan minyak almond dan jus lemon

Minyak almond memiliki Vitamin E yang sangat bermanfaat untuk rambut. Kandungan ini juga dapat memelihara akar rambut dan mencegah rambut dari uban. Adapun untuk jus lemon tidak hanya menambah kilau dan volume pada rambut, tetapi juga meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Minyak almond dan jus lemon keduanya merupakan bahan yang mudah didapat daripada yang dapat membantu Anda menghilangkan uban secara alami.

Dikutip dari Be Beautiful, cara menggunakannya pun cukup mudah, campur minyak almond dan jus lemon dalam wadah dengan takaran 2:3. Pijat dengan baik di kulit kepala dan rambut. Cuci bersih setelah 30 menit.

3. Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Setiap bagian tubuh pastinya membutuhkan dua hal penting ini. Jika uban kerap muncul di rambut cobalah untuk bertanya apakah nutrisi yang selama ini Anda berikan sudah cukup atau belum?

Munculnya uban biasanya disebabkan karena kurangnya sejumlah vitamin penting yang seharusnya terpenuhi, seperti vitamin B12, biotin (B7), D, E, dan A. Oleh karena itu, vitamin-vitamin tersebut perlu dipenuhi setiap harinya.

Tidak hanya vitamin, kebutuhan akan mineral juga harus dipenuhi. Kebutuhan harian Anda akan zinc, zat besi, magnesium, selenium dan tembaga juga harus selalu diperhatikan untuk mencegah munculnya uban di usia muda.

4. Gunakan minyak urang-aring

Urang-aring sudah sejak lama baik untuk mempertahankan rambut tetap hitam dan subur. Bahan ini bahkan sudah sangat familiar di masyarakat untuk mencegah uban di usia muda. Minyak urang-aring sangat mudah didapatkan, Anda dapat membelinya di toko terdekat. Anda juga bisa membuatnya sendiri,Anda hanya perlu merebus daun urang aring dengan minyak kelapa atau wijen. Setelah itu, oleskan langsung ke rambut.

5. Bilas dengan teh hitam

Teh Hitam memiliki kafein yang sarat dengan anti-oksidan. Kandungannya juga bermanfaat untuk menambahkan rona gelap alami pada rambut, merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuatnya sehingga membuat rambut tampak lebih bersinar. Merawat rambut Anda dengan bilasan teh hitam tidak hanya akan membantu Anda menghilangkan uban secara alami tetapi juga membuat rambut Anda terlihat lebih berkilau dari sebelumnya.

Pengaplikasiannya juga mudah, cukup rebus secangkir air dengan 2 sdm teh hitam dan satu sdt garam. Dinginkan dan oleskan dengan hati-hati pada rambut yang baru dicuci. Biarkan mengering. Ulangi secara teratur untuk menggelapkan untaian abu-abu pada rambut.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi munculnya uban di usia muda. Uban tidak selalu menunjukkan usia kita yang sudah semakin dewasa, tapi bisa jadi hal disebabkan oleh kerusakan folikel seperti yang disebutkan di atas. Oleh karena itu sebelum menjadi lebih buruk lagi, sebaiknya di atasi sejak dini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak