alexametrics

Mengenal Manfaat Selada Air, Tanaman Kaya Vitamin

Ina Barina
Mengenal Manfaat Selada Air, Tanaman Kaya Vitamin
Ilustrasi Selada Air. (Pixabay)

Selada air merupakan tanaman ramah lingkungan yang ternyata memiliki berbagai kandungan baik untuk kesehatan tubuh. Selada air diketahui mengandung antioksidan, berbagai vitamin, dan mineral. Kenangan kandungan-kandungan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja manfaat selada air untuk kesehatan tubuh? Yuk simak informasinya dibawah ini:

1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam selada air dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya dan dapat menyebabkan stres oksidatif.

Bahayanya lagi, stres oksidatif juga terkait dengan beberapa penyakit kronis seperti diabetes dan juga kanker. Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti selada air, maka kamu bisa melindungi tubuhmu dari stres oksidatif tersebut.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain menurunkan risiko penyakit kronis, antioksidan dalam selada air khususnya karotenoid dapat membantu penurunan tekanan darah, risiko penyakit ataupun serangan jantung jadi lebih rendah dan mampu mengurangi risiko stroke juga loh.

3. Menjaga kesehatan tulang

Selada air diketahui mengandung tiga mineral penting yang baik untuk kesehatan tulang yaitu kalsium, kalium dan magnesium. Ketiga mineral tersebut merupakan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan sel-sel tulang sehingga tulangmu akan lebih sehat. Tapi kalau kamu kekurangan nutrisi yang mengandung 3 mineral ini, tulangmu bisa saja lemah dari waktu ke waktu loh. Jadi, mengonsumsi selada air dapat membantumu mengurangi risiko komplikasi dari osteoporosis dan penuaan.

4. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam selada air dikenal memberikan efek yang baik untuk kesehatan dan juga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C sendiri diklaim mampu meningkatkan sistem fungsi kekebalan tubuh sekaligus mengurangi risiko peradangan.

5.      Menurunkan Berat Badan

Kalori yang dimiliki selada air termasuk rendah, sehingga itu dapat membantumu dalam menurunkan berat badan. Jadi, diet pun lancar, kesehatan aman.

6.      Meningkatkan kesehatan otak

Selada air diketahui kaya akan isothiocynate yang mampu memberikan dampak baik pada kesehatan otak. Dimana, zat tersebut mampu membantu mencegah gangguan ataupun penuaan pada otak.

7. Mengurasi kerusakan oksidatif pada sel darah

Berkat kandungan vitamin C dan E yang ada dalam selada air, nutrisi tersebut dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada sel darah merah. Tentunya dengan nutrisi tersebut akan membantumu dalam menjaga kesehatan sel darahmu.

Itulah berbagai manfaat dari selada air untuk kesehatan tubuh. Jika rutin mengonsumsinya, tentu kamu akan dapat banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, kamu juga bisa menjadikannya alternatif jika kamu sedang ingin menurunkan berat badan.

Yuk mulai konsumsi bahan-bahan makanan yang sehat, terutama di masa pandemi yang membuat kondisi tubuhmu rentan akan virus. Lebih baik lakukan langkah pencegahan, daripada mengobati!

Sumber informasi :

Halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak