alexametrics

Jangan Malas! Berikut 6 Manfaat Mandi di Pagi Hari untuk Kesehatan

Funcrev Id
Jangan Malas! Berikut 6 Manfaat Mandi di Pagi Hari untuk Kesehatan
Ilustrasi mandi pagi. (unsplash)

Tahukah Anda jika manfaat mandi di pagi hari ternyata tidak hanya membuat tubuh menjadi terasa lebih segar, tetapi mandi juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Selain untuk kesehatan fisik, mandi pagi juga ternyata baik untuk menjaga kestabilan kesehatan mental seseorang termasuk mengurangi stres dan depresi. 

Mandi pagi bagi sebagian orang memang bisa menjadi rutinitas yang sulit untuk dilakukan. Dinginnya udara di pagi hari ditambah dengan mata yang masih mengantuk terkadang membuat tubuh ingin kembali menarik selimut.

Nah, dilansir dari Aroma Sense, beberapa manfaat mandi pagi berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk tidak bermalas-malasan lagi.

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Mandi pagi dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah di tubuh Anda. Air yang mengalir menyebabkan darah Anda mengalir ke permukaan kulit. Sirkulasi darah yang baik akan sangat berperan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sirkulasi darah yang tepat juga akan berkontribusi pada transfer nutrisi ke banyak bagian tubuh Anda. 

Ketika tubuh Anda tidak memiliki sirkulasi yang baik, hal ini dapat menyebabkan molekul-molekul berbahaya yang terperangkap terbentuk. Lebih berbahayanya, kondisi ini dapat menyebabkan hipertensi dan varises. Inilah sebabnya mengapa hidroterapi, penggunaan air terapeutik, adalah alat yang umum digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, termasuk juga mandi pagi.

2. Mengurangi stres

Apakah Anda adalah salah satu dari orang yang bangun dengan jantung berdebar? Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa Anda mungkin sedang stres dan memikirkan banyak hal yang harus Anda lakukan di hari itu. 

Mandi pagi adalah cara yang bagus untuk meredakan stres ini, terutama mandi dengan air dingin. Mandi pagi dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Oksigen yang cukup di otak akan sangat baik untuk mengurangi stres di pagi hari.

3. Menjaga kesehatan kulit

Secara umum mandi memiliki efek yang sangat positif pada kesehatan kulit Anda. Seperti yang sudah banyak diketahui, mandi pagi akan sangat membantu dalam menyegarkan kembali kulit Anda. Mandi pagi juga ternyata memiliki efek yang lebih positif dalam hal menyeimbangkan minyak alami kulit dan memperbaiki jerawat.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mandi pagi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang tubuh Anda untuk membuat sel darah putih baru. Sel darah putih inilah yang nantinya akan membantu kita melawan berbagai macam penyakit. Karena jam biologis inilah hal tersebut hanya terjadi secara signifikan saat mandi pagi.

Mandi pagi menjadi pilihan bagi banyak orang untuk kembali merasakan peremajaan tubuh, hal ini dilakukan dengan alasan perasaan menyenangkan yang bisa didapatkan setelah mandi pagi. Mandi pagi juga dapat menjadi sumber energi baru bagi Anda yang telah lelah tidur semalaman.

5. Membersihkan racun

Saat kita tidur, banyak racun yang ada dalam tubuh kita dibuang melalui keringat. Untuk membersihkan kembali racun-racun yang dibuang tersebut, mandi pagi dapat menjadi jawaban yang tepat. Selain itu mandi pagi juga akan sangat baik untuk mengembalikan kesegaran kulit Anda.

6. Meredakan nyeri otot

Mandi pagi dapat dengan mudah membantu meredakan nyeri otot serta membuat tubuh kembali rileks. Air yang mengalir dengan segar ke tubuh dapat membuat Anda merasa lebih nyaman saat memulai hari. Otot-otot yang mungkin kaku saat Anda tertidur lelap juga dapat kembali segar setelah mandi pagi.

Itulah tadi enam manfaat yang dapat Anda dapatkan ketika mandi pagi. Jika ingin mendapatkan manfaat mandi pagi seperti di atas, perlu Anda ingat bahwa suhu air harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jangan sampai air terlalu dingin atau mandi terlalu lama karena bisa berdampak pada suhu normal tubuh dan berisiko menimbulkan hipotermia.

Referensi:

The Importance of Morning Showers – 10 Health Benefits of Showering in the Morning. Diakses pada Selasa, 28 September 2021 melalui Aroma Sense.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak