facebook

Selain Unik dan Lezat, Ternyata Taro Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

Ina Barina
Selain Unik dan Lezat, Ternyata Taro Miliki Banyak Manfaat Kesehatan
Ilustrasi Olahan Makanan Rasa Talas.

Buah talas atau yang lebih dikenal dengan taro merupakan salah satu sayuran akar dengan kandungan karbohidrat yang awalnya hanya dibudidayakan di Asia. Talas memiliki kulit luar coklat dan daging putih dengan bintik-bintik ungu di seluruh bagiannya. Saat dimasak, rasanya agak manis dan teksturnya mirip kentang.

Taro sendiri dikenal sebagai salah satu bahan makanan atau minuman yang memiliki rasa unik dan lezat. Ternyata selain unggul rasa, taro juga memiliki manfaat untuk kesehatanmu lho.

Lalu, apa saja manfaat taro bagi kesehatan tubuh? Yuk simak informasinya di bawah ini:

1. Mengontrol gula darah

Taro mengandung dua jenis karbohidrat yang bermanfaat untuk pengelolaan gula darah, yaitu serat dan pati resisten. Taro juga membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat lain guna mencegah lonjakan gula darah yang besar setelah makan.

Selain itu, taro juga mengandung pati resisten yang mampu menjadi sumber nutrisi baik untuk mengontrol gula darah. Sehingga, taro bisa dijadikan alternatif untuk para pengidap diabetes.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Serat dan pati resisten yang terkandung dalam taro juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa makan lebih banyak serat cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah.

3. Melawan kanker

Mengandung senyawa nabati yang disebut polifenol, taro memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk potensi mengurangi risiko kanker. Polifenol berupa Quercetin dalam taro diklaim dapat memicu kematian sel kanker dan memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker. Ia juga dikenal sebagai antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas berlebihan yang dikaitkan dengan kanker.

4. Menurunkan berat badan

Kamu pengen diet tapi dengan cara yang alami? Taro bisa menjadi solusi terbaikmu. Hal ini dikarenakan serat dalam taro mampu memperlambat pengosongan perut, yang membuat kamu bisa kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah kalori yang kamu makan sepanjang hari. Manfaat tersebutlah yang lama kelamaan akan membantumu untuk menurunkan berat badan.

5. Memiliki manfaat baik untuk usus

Kandungan serat dan pati resisten dalam taro juga memiliki manfaat untuk kesehatan usus. Ketika mencapai usus besar, kedua kandungan tersebut menjadi makanan bagi mikoba di usus dan mendorong pertumbuhan bakteri baik. Ketika bakteri usus memfermentasi kedua kandungan tersebut, mereka menciptakan asam lemak rantai pendek yang mampu memberi nutrisi pada sel-sel yang melapisi usus dan membuatnya tetap sehat dan kuat. Taro juga berpotensi mengurangi risiko penyakit peradangan usus ataupun kanker usus.

Nah, itu dia manfaat dari buah talas atau yang dikenal dengan taro. Ternyata, bukan cuma rasanya yang lezat, manfaat baiknya bagi kesehatan tubuh tentunya sangat menggiurkan bukan? Bahkan, bisa jadi alternatif untuk diet sehatmu juga lho. Sebagai buah dengan kandungan nutrisi baik untuk kesehatan tubuhmu, taro bisa menjadi salah satu makanan sehatmu.

Sumber informasi :

Halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak