alexametrics

Bener Nggak Sih Ibu Hamil Dilarang Minum Air Es? Ini Faktanya!

Anggoro Kasih
Bener Nggak Sih Ibu Hamil Dilarang Minum Air Es? Ini Faktanya!
Ilustrasi Janin dalam Kandungan. (Pixabay//Skitterphoto)

Pernah dengar dong, kalimat yang keluar dari beberapa orang saat melihat ibu hamil minum air es atau sekedar air dingin dari kulkas yang berkata "Eh, lagi hamil jangan minum air dingin dulu! Nanti bayinya besar, lho! Susah dilahirinnya!"

Waduh, atau jangan-jangan kamu sendiri masih termasuk golongan orang yang percaya kalau ibu hamil dilarang meminum minuman dingin untuk alasan "Kalau minum air dingin nanti bayi di dalam perut akan besar"?

Nah, di era yang segala sesuatunya bisa dicari tahu dengan cepat melalui online maupun offline, kamu nggak mau dong masih termakan sama mitos-mitos yang sudah beredar turun-menurun tanpa penjelasan ilmiah sesuai fakta? Makanya, yuk ini alasan yang positif untuk memanfaatkan teknologi dalam menggali banyak informasi bermanfaat.

Seperti yang akan dibahas pada artikel ini, tentang benar nggak sih kalau ibu hamil yang selama kehamilannya gemar minum air dingin atau air es akan menyebabkan bayi yang dikandungnya menjadi lebih besar dan akan mempersulit proses kelahiran? Ini jawabannya!

Dilansir Halodoc,  disebutkan bahwa faktanya tidak ada hubungan antara ibu hamil yang meminum minuman dingin lalu sang bayi akan menjadi besar. Dijelaskan pula bahwa ukuran dan berat badan bayi tidak dipengaruhi suhu minuman atau makanan yang dikonsumsi ibu saat hamil.

Sebaliknya, justru jika ibu hamil minum air dingin akan berdampak baik. Sebab, di masa kehamilan ibu hamil kerap lebih sering merasa gerah dan cenderung mudah dehidrasi. Dengan meminum air es atau air dingin, akan membantu mencegah tubuh ibu hamil kepanasan, sekaligus merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan. Coba deh!

Nah, yang perlu diperhatikan adalah kebersihan es yang digunakan untuk air minum ibu hamil. Jangan sampai yang diminum es dari sumber-sumber tidak terjamin seperti membeli es di jalanan yang tidak bisa dijamin kebersihannya. Juga jangan sampai berlebihan, sampai mengakibatkan ibu hamil terkena flu dan batuk, ya!

Supaya terhindar dari 'jajan' es sembarangan, bumil bisa membawa sendiri minuman dingin favoritnya dari rumah. Sehingga bisa dijamin kebersihannya. Jadi, jelas ya bahwa tidak benar pernyataan "Emang bener, ibu hamil nggak boleh minum air dingin, karena katanya nanti bayinya bisa besar?"

Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak