facebook

Gemas Sih Boleh, Tapi Jangan Bercanda yang Justru Membahayakan Bayi!

Anggoro Kasih
Gemas Sih Boleh, Tapi Jangan Bercanda yang Justru Membahayakan Bayi!
Ilustrasi Bayi Menggemaskan. (Pixabay//Cherylholt)

Memang terkadang sulit menahan diri untuk tidak sembarangan bercanda atau menyentuh bayi yang menggemaskan. Baik itu bayi milik teman, rekan kerja, kerabat, atau bahkan keponakan sendiri.

Ekspresi menggemaskan dari bayi-bayi inilah yang menyebabkan kita terkadang lupa diri sehingga sembarangan bercengkerama, menyentuh, mencubit, mengelus, mencium, atau bahkan melakukan bercandaan yang sebenarnya membahayakan bayi menggemaskan itu.

Nah, jadi sebenarnya apa aja sih jenis bercanda yang tidak boleh dilakukan terhadap para bayi-bayi ini? Yuk, disimak ya!

1. Bercanda dengan memposisikan tubuh bayi seperti pesawat

Biasanya cowok-cowok baik itu para ayah, kakak, atau paman nih yang suka bercandain bayi dengan main 'pesawat-pesawatan' kayak gini. Tapi sadarkah kamu, saat melakukan hal ini, kamu akan menopang tubuh bayi yang menelungkup dengan kedua tanganmu.

Jika kamu tidak sengaja kehilangan kendali saat melakukannya, akan ada risiko bayi tergelincir dan jatuh. Kebayangkan apa saja kemungkinan buruk yang bisa dialami bayi saat itu terjadi? Ih jangan sampai ya!

2. Melempar atau melambungkan tubuh bayi ke udara

Kalau sudah terlanjur sering melakukan ini, mulai sejak kamu membaca artikel ini, hentikan kebiasaan itu ya. Bercanda seperti ini akan membuat bayi mengalami Shaken Baby Syndrome. Kondisi ini adalah ketika bayi mengalami gangguan kesehatan mental berupa trauma di bagian kepala dan otak yang disebabkan bayi terlalu keras dilempar ke udara. 

3. Menggelitik bayi terlalu lama sampai tertawa terbahak-bahak

Seru ya, bercanda sama bayi apalagi saat berhasil membuatnya tertawa terbahak-bahak. Selain karena tampang menggemaskan bayi yang sudah dari sananya akan semakin lucu saat tertawa, terkadang kita justru semakin membuatnya tertawa karena berpikir bayi menyukainya juga.

Padahal, bercanda seperti itu justru membahayakan bayi, lho. Saat tertawa terbahak-bahak berlebihan, akan ada risiko bayi tersedak ludahnya sendiri. Sudah pasti bayi akan terbatuk-batuk, bahkan sampai muntah. Kasian, kan?!

Selain itu bayi juga bisa gangguan sensorik akibat stimulasi berlebihan yang kamu lakukan dalam rangka 'bercanda' itu. Jadi bercanda sewajarnya saja ya.

Itulah jenis-jenis bercandaan yang paling sering orang dewasa lakukan terhadap bayi, yang sebenarnya justru berisiko membahayakan para bayi-bayi menggemaskan ini. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu mulai merubah cara bercandamu menjadi yang lebih menyenangkan dan aman ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak