alexametrics

Kerap Mengganggu, Ini 5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Secara Alami

Funcrev Id
Kerap Mengganggu, Ini 5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Secara Alami
Ilustrasi tidur. (unsplash)

Hampir semua orang pernah mendengkur saat tidur, setidaknya sesekali seumur hidup. Namun, hal ini bukanlah sebuah bentuk kebanggaan, melainkan menjadi hal yang harus kamu hindari. Mendengkur terlalu sering bisa jadi akan membuat seseorang yang mungkin saja berada di sampingmu merasa terganggu, apalagi jika bersama orang yang baru kenal.

Lalu, apakah bisa kita mengontrol dengkuran padahal hal ini terjadi diluar alam bawah sadar kita? Jawabannya bisa. Sebelum lebih jauh, sebenarnya dengkuran disebabkan oleh penyempitan saluran pernapasan.

Penyempitan ini akan menyebabkan getaran pada saluran pernapasan ketika bernapas, yang kemudian menimbulkan suara dengkuran. Lantas bagaimana cara menghindarinya?

Dilansir dari WebMD, berikut lima tips mengatasi dengkuran secara alami.

1. Ganti posisi tidur

Posisi tidur telentang atau tengkurap dapat menyebabkan lidah dan daging di sekitar tenggorok untuk melonggar dan dapat menyumbat jalur udara. Hal itu menyebabkan suara dari dalam bergetar saat Anda tidur. 

Oleh karena itu, tidur menyamping bisa menjadi alternatif untuk membantu Anda mengatasi dengkuran yang mengganggu setiap malam. 

2. Ganti bantal Anda

Alergen di kamar tidur dan di bantal Anda juga dapat menyebabkan dengkuran. Tungau dan debu yang menumpuk di bantal dapat menyebabkan reaksi alergi yang dapat menyebabkan mendengkur. Membiarkan alergen tidur di tempat tidur menyebabkan akan membuat Anda menghirup bulu binatang, menyebabkan iritasi dan hal umum lainnya.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengganti dan mencuci sarung bantal Anda setidak-tidaknya dua minggu sekali. Selain itu, rutin bersihkan kamar tidur Anda untuk menghindari penumpukan tungau dan alergen.

3. Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik

Kurangnya cairan akan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Hal ini bisa menyebabkan sekresi di hidung dan langit-langit lunak Anda menjadi lebih lengket dan bisa membuat Anda menjadi lebih banyak mendengkur.

Menurut Institute of Medicine, wanita sehat disarankan untuk minum sekitar 11 gelas air (dari semua minuman dan makanan) sehari. Sedangkan pria membutuhkan sekitar 16 gelas per hari.

4. Hindari alkohol

Alkohol dan obat penenang dapat mengurangi kualitas istirahat otot-otot di bagian belakang tenggorokan Anda, sehingga kemungkinan besar akan mendengkur. Minum alkohol empat hingga lima jam sebelum tidur membuat dengkuran semakin parah. Bahkan, orang yang biasanya tidak mendengkur, bisa tiba-tiba mendengkur setelah minum alkohol.

5. Pastikan suhu ruangan tetap lembab

Jika Anda tidur di kamar dengan suhu sangat dingin atau sangat kering, hal ini bisa menjadi penyebab Anda mendengkur. Udara kering akan membuat kondisi tenggorokan dan dinding dalam hidung, menyebabkan hidung mampet.

Hidung mampet ini kemudian dapat menyebabkan proses keluar-masuknya udara terbatas dan membuat jaringan sekitarnya bergetar. Getaran inilah yang kemudian akan membuat seseorang mendengkur.

Itulah tadi beberapa tips mengatasi dengkuran saat tidur secara alami. Secara keseluruhan yaitu ganti posisi tidur, ganti bantal, pastikan tubuh tetap terhidrasi, hindari alkohol, dan pastikan suhu ruangan tetap stabil. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak