facebook

Mengenal Manfaat Daun Suji, Tanaman Kaya Manfaat

Ina Barina
Mengenal Manfaat Daun Suji, Tanaman Kaya Manfaat
Ilustrasi Daun Suji(Freepik)

Daun suji sering dikatakan mirip dengan daun pandan, tetapi warna daun suji sebenarnya jauh lebih pekat dan tidak memiliki aroma setajam daun pandan. Ciri fisik daun suji dapat dilihat dari bentuknya yang memanjang dengan ujung yang runcing, warna hijau gelap, dan bunga yang berwarna putih kekuningan. Daun suji sendiri dikenal sebagai sumber klorofil alias zat hijau daun.

Dilansir dari Halodoc, daun suji memiliki manfaat baik dalam menunjang kesehatan tubuh melalui kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, serta vitamin C di dalamnya. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, daun siji dapat berperan sebagai antiinflamasi, antinyeri, antibakteri, dan antijamur dalam tubuh.

Berikut merupakan manfaat baik daun suji untuk kesehatan tubuh:

1. Mengatasi gangguan pernapasan

Kandungan flavonoid yang ada dalam daun suji diklaim mampu mengatasi gangguan pernapasan akibat asma maupun mengatasi sesak napas, batuk serta menunjang kesehatan paru-paru.

2. Meningkatkan berat badan

Jika kamu sedang menjalani program untuk menambah berat badan, mengonsumsi daun suji bisa jadi salah satu solusi untukmu. Hal ini dikarenakan daun suji dapat membantu meningkatkan nafsu makanmu. Meskipun bukan cara yang instan, cara alami ini dapat kamu lakukan berdampingan dengan pola hidup sehat lainnya.

3. Mengatasi disentri

Kandungan saponin yang ada dalam daun suji diklaim mampu mengatasi disentri. Hal ini dikarenakan saponin memiliki sifat antibakteri yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab disentri.

4. Menjaga kadar kolesterol

Kandungan flavonoid dalam daun siji diklaim mampu menjaga atau menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cara kerjanya adalah kandungan tersebut dapat menurunkan aktivitas enzim pembentuk kolesterol dan mampu menurunkan absorbs kolesterol dalam saluran pencernaan.

5. Menurunkan risiko preeklampsia

Dalam klorofil, terdapat kansungan magnesium yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi, daun suji mampu menurunkan risiko terjadinya preeklampsia atau eklampsia pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan magnesium mampu mengatur dan mengurangi tekanan darah, serta melonggarkan pembuluh darah.

Nah, itu tadi manfaat baik dari nutrisi yang dikandung daun suji untuk kesehatan tubuh. Tapi, pastikan untuk mengonsumsinya dengan takaran yang cukup ya. Karena tentunya sesuatu yang berlebihan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik.

Sumber informasi:

Halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak