alexametrics

Tips Makan Sehat ala Tiongkok, Seimbangkan Unsur Yin dan Yang

Armand IS
Tips Makan Sehat ala Tiongkok, Seimbangkan Unsur Yin dan Yang
Ilustrasi hidangan hot pot berbentung Yin-Yang (Unsplash.com/Xiong Gordon).

Yin-yang merupakan konsep filsafat dari Tiongkok yang berisi pandangan bahwa setiap benda di alam semesta memiliki unsur Yin dan Yang. Tiap benda di alam semesta masing-masing mewakili energi dari kedua unsur tersebut. Tujuan akhir dalam kehidupan manusia di alam semesta adalah mencapai keseimbangan dan harmoni dari kedua unsur yang saling berlawanan, yakni Yin dan Yang

Unsur Yin mewakili energi yang pasif, yakni diwakili oleh objek seperti bulan, es, air dan sifat-sifat seperti dingin, gelap, dan lemah. Sebaliknya, unsur Yang mewakili energi yang aktif dan diwakili oleh objek seperti matahari, api, dan sifat-sifat yang berlawanan dengan Yin yakni panas, terang, dan kuat.

Kedua unsur tersebut tercermin dari berbagai aspek kehidupan dari yang kompleks seperti pergaulan, berkeluarga, bernegara, hingga yang paling sederhana seperti makanan yang kita pilih.

Konon, salah satu faktor pendukung umur panjang dan badan sehat yang dipercayai oleh masyarakat Tionghoa, terutama mereka yang masih berpegang teguh pada filsafat Tiongkok tradisional adalah menyeimbangkan unsur Yin dan Yang dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Masyarakat Tionghoa tradisional berpegang teguh pada konsep Yin dan Yang dalam pola makan. Hal tersebut tercermin dalam masakan yang mereka santap setiap hari. Mari kita simak apa saja makanan yang memiliki unsur Yin dan Yang.

Makanan berunsur Yin

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Yin mewakili energi pasif seperti dingin. Sehingga bahan masakan yang memberikan sensasi dingin adalah makanan dengan unsur Yin. Bunga krisan adalah salah satu bahan makanan yang dipercayai memiliki unsur Yin yang kuat.

Bunga ini umumnya diseduh dan diminum. Ketika diminum, bunga ini memberikan sensasi sejuk di badan. Selain itu, buah dan sayuran segar mengandung unsur Yin yang kuat. Makanan manis juga masuk ke dalam kategori makanan berunsur Yin.

Makanan berunsur Yang

Berlawanan dengan Yin, makanan yang berunsur Yang adalah makanan yang panas, pedas, asin atau gurih, dan juga makanan pahit. Makanan yang berunsur Yang umumnya menjadi hidangan atau bahan utama berprotein tinggi seperti daging merah dari sapi dan kambing.

Rempah-rempah seperti cabai dan lada merupakan makanan dengan energi Yang yang kuat, karena dapat memberikan sensasi panas dalam tubuh. Selain itu, buah-buahan beri yang masam dan getir seperti goji merupakan makanan berunsur Yang.

Mempersatukan unsur Yin dan Yang dalam masakan

Masakan Tionghoa umumnya memperhatikan keseimbangan antara Yin dan Yang. Umumnya bahan-bahan yang dipadukan memiliki unsur kedua energi tersebut, seperti contohnya tumisan tahu pedas (mapo tofu) yang mengandung bumbu-bumbu dan sayuran yang mewakili unsur Yin dan mengandung cabai yang mewakili unsur Yang.

Cara paling mudah menyeimbangkan kedua unsur tersebut adalah menghidangkan makanan yang beraneka ragam. Yakni mencakup sayur-sayuran dan buah-buahan segar seperti hidangan salad untuk menemani hidangan gurih dan berat seperti daging. 

Anda juga dapat membuat minuman herbal yang mengandung kedua unsur tersebut secara seimbang. Seperti yang telah dicontohkan tadi, minuman teh krisan merupakan simbol dari harmoni Yin dan Yang. Sensasi dingin yang ditimbulkan oleh bunga krisan berpadu dengan seduhan air panas, sehingga membuat tubuh menjadi nyaman.

Manfaat menyeimbangkan makanan berunsur Yin dan Yang bagi kesehatan

Konon, menyeimbangkan kedua unsur tersebut mencegah berbagai penyakit seperti stroke dan penyakit jantung. Kelebihan salah satu unsur dapat menyebabkan penyakit dan gangguan kesehatan.

Misalkan terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan unsur Yang seperti daging dan hidangan asin dapat memicu stroke karena akumulasi kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Maka untuk menetralkannya, harus diimbangi dengan makanan berunsur Yin seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar.

Nah, itulah tips makan sehat ala Tiongkok yang menyeimbangkan unsur-unsur Yin dan Yang dalam makanan. Konsep ini telah bertahan lama dan dipercayai sebagai salah satu faktor pendukung kesehatan dan juga menjadi konsep untuk pengobatan Tiongkok tradisional. Semoga bermanfaat dan sehat selalu!

Referensi 

  • Asian Food Network. Seimbangkan Makanan Bersifat Yin dan Yang
  • Hakkasan. Yin dan Yang in Chinese Cooking
  • Culture Trip. The Importance of Yin-Yang Philosophy in Chinese Food.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak