alexametrics

8 Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan, Diyakini Bikin Tulang Lebih Sehat

Dream Praire
8 Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan, Diyakini Bikin Tulang Lebih Sehat
ilustrasi kacang panjang (pixabay/K-Kristie).

Kacang panjang merupakan sayuran yang mudah ditemukan dalam menu masakan sehari-hari. Kacang panjang cukup mudah diolah menjadi berbagai macam menu. Kacang panjang disebut memiliki kandungan kalori, protein, karbohidrat, sodium, folat, tiamin, dan berbagai vitamin, termasuk vitamin A dan vitamin C. 

Dalam setiap 100 gram kacang panjang mengandung 62 miligram atau 15% dari total kebutuhan folat harian. Satu porsi kacang panjang (100 gram) mampu mencukupi kebutuhan serat harian hingga 12 persen.

Kabar baik lainnya, makanan ini tidak memiliki kandungan kolesterol. Selain bergizi, kacang panjang juga mempunyai manfaat lain. Berikut manfaat kacang panjang, menyadur dari laman halodoc dan hellosehat. 

1. Menurunkan risiko asam urat

ilustrasi pengobatan kaki (pixabay.com)/Andreas
ilustrasi pengobatan kaki (pixabay/Andreas).

Vitamin C pada asam kacang panjang  juga bermanfaat sebagai antioksidan, sehingga mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polusi dan bahan kimia beracun. Radikal bebas bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan peradangan sendi.

Radang sendi yang tidak diobati bisa berakibat pada komplikasi asam urat. Dengan demikian, mengonsumsi cukup vitamin C setiap hari, dapat membantu menurunkan risiko penyakit akibat kadar asam urat tinggi. Kacang panjang bisa menjadi salah satu sumber vitamin C.

2. Membuat tulang lebih sehat

ilustrasi orang sehat (pixabay.com)/ Roxana Wiliiams
ilustrasi orang sehat (pixabay/Roxana Wiliiams).

Sebab kacang panjang mengandung mangan, kalsium, dan juga vitamin K. Nutrisi- nutrisi tersebut mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. 

3. Sumber antioksidan. 

ilustrasi orang sehat (Unsplash.com)/Lazare
ilustrasi orang sehat (Unsplash/Lazare)

Kacang panjang juga merupakan jenis makanan sumber antioksidan. Asupan ini dibutuhkan tubuh untuk menangkal efek negatif dari radikal bebas.

4. Baik untuk menjaga kesehatan kulit

ilustrasi kulit cantik (pixabay.com)/Ivanovgood
ilustrasi kulit cantik (pixabay/Ivanovgood).

Hal ini berkat kandungan berbagai vitamin dalam kacang panjang. Kandungan vitamin C dalam kacang panjang berguna untuk merawat kecantikan kulit. Manfaat vitamin C antara lain adalah mecegah kulit keriput, kering dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi kemerahan.

5.Meningkatkan fungsi pencernaan, 

ilustrasi kesehatan pencernaan (Pixabay.com)/Muhamed Hassan
ilustrasi kesehatan pencernaan (Pixabay/Muhamed Hassan).

Komposisi kacang panjang yang memiliki kandungan serat larut dan tidak larut mampu membantu melindungi mukosa usus besar. Salah satunya dengan mengurangi waktu paparan zat beracun. 

6. Membantu menjaga kadar kolesterol

ilustrasi kolesterol (Pixabay.com)/ Sutterbug
ilustrasi kolesterol (Pixabay/Sutterbug).

Sebagai makanan kaya serat, kacang panjang  juga disebut ampuh untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang. Mengonsumsi makanan ini dipercaya bisa membantu mengurangi kadar “kolesterol jahat” alias LDL. 

7. Baik untuk darah

ilustrasi sel darah merah (Pixabay.com)/ Vector
ilustrasi sel darah merah (Pixabay/Vector).

Kandungan dalam jenis makanan ini disebut bisa menunjang kesehatan sistem peredaran darah. Selain itu, bisa juga meningkatkan dan menjaga produksi sel darah merah.

8. Mengatasi nyeri haid

ilustrasi nyeri haid (Pixabay.com)/ Nastya Gepp
ilustrasi nyeri haid (Pixabay.com)/ Nastya Gepp

Kacang panjang mengandung mangan yang punya peran penting dalam siklus reproduksi wanita. Para ahli mempunya dugaan bahwa kandungan mangan dalam kacang panjang mampu mengurangi frekuensi atau meringankan rasa sakit karena kram perut yang sering terjadi selama menstruasi.

Itulah beberapa manfaat kacang panjang bagi kesehatan. kamu bisa menambahkannya ke dalam menu harianmu. Namun, jangan lupa mengombinasikan dengan bahan makanan lain agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi. Apabila ada keluhan kesehatan, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter apabila diperlukan. Salam sehat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak