alexametrics

5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Mampu Tingkatkan Kualitas Tidur

Lintang Larissya
5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Mampu Tingkatkan Kualitas Tidur
Ilustrasi Goji Berry Kering (pixabay)

Goji berry atau sering dikenal dengan nama gugija adalah buah yang banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok lebih dari 2.000 tahun. Hingga saat ini, manfaat buah goji berry juga dapat dirasakan untuk kecantikan. Memiliki bentuk kecil dan berwarna merah terang, buah ini rupanya tak hanya manis tapi kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Kecil-kecil tapi kaya manfaat, nutrisi yang dikangdung goji berry antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, selenium, kalium, seng, dan tembaga. Buah ini mengandung sejumlah antioksidan, beta-karoten, dan juga zeaxanthin. Antioksidan bermanfat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Menilik nutrisi dan kandungan yang dimiliki goji berry, tak heran jika buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut 5 manfaat yang dimiliki goji berry.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat goji berry karena memiliki antioksidan tinggi adalah membantu penglihatan. Antioksidan ini mampu memperbaiki kerusakan mata dari sinar UV, radikal bebas, dan stres oksidatif. Medical News Today memaparkan sebuah studi yang menunjukkan goji berry mampu melindungi retina dan sel-sel ganglion.

Sel yang bertanggung jawab atas glaukoma, yakni kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata. Goji berry sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh lansia agar meningkatkan kemampuan penglihatan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu sedang melakukan diet? Kamu bisa mencoba mengonsumsi goji berry sebagai kudapan dietmu. Kandungan serat yang tinggi pada goji berry dapat membuat merasakan kenyang dalam waktu lebih lama meskipun hanya memakan sedikit. Tak berhenti di situ saja, keistimewaan goji berry juga dapat mengontrol nafsu makan.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Tingkat antioksidan tinggi, termasuk vitamin C, zeaxanthin, dan karoten menjadikan goji berry bermanfaat untuk memerangi sel kanker. Antioksidan diketahui mampu memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, dan membantu menghilangkan zat berbahaya lain dari dalam tubuh.

4. Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur

Siapa sangka jika buah kecil ini dapat menyelamatkan tidurmu?

Mengonsumsi goji berry dapat menurunkan perilaku stres dan kecemasan. Hal ini juga menunjukkan kemampuan goji berry untuk merilekskan tubuh ketika sedang tertidur. Peningkatan kualitas tidur juga dapat dirasakan setelah mengonsumsi buah goji berry.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat antioksiden yang dimiliki goji berry memang tidak main-main, pasalnya antioksidan diketahui sangat baik untuk melindungi tubuh. Antioksidan juga dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas.

Vitamin A dan vitamin C dalam buah berry ini juga sangat penting untuk membangun kekebalan dan mencegah penyakit, mulai dari flu biasa hingga penyakit berbahaya lainnya.

Goji berry dapat dikonsusi dengan beberapa cara yaitu secara mentah ataupun dijadikan teh dan jus. Selain itu, Goji berry juga dapat menjadi pelengkap santapan diet seperti pada sereal. Goji berry sendiri sudah menjadi bahan pelengkap umum untuk masakan sup dalam masakan China.

Itu dia lima manfaat goji berry untuk kesehatan. Tertarik mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak