facebook

5 Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan, Bisa Cerahkan Wajah!

Eunoia Yahya
5 Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan, Bisa Cerahkan Wajah!
Ilustrasi belimbing (pixabay/@sarangib)

Belimbing wuluh yang memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi L, sudah amat populer di setiap kalangan. Bahkan sering digunakan sebagai belimbing sayur, karena tekstur renyahnya, juga cita rasa asam yang khas. Meski populer di dunia kuliner, tapi tak banyak yang tahu manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan.

Kandungan utama di dalam belimbing wuluh seperti Vitamin C, Zat Besi, Vitamin B2, Vitamin B3, dan Fosfor, juga antioksidan dan efek astringen dari rasa asamnya yang tinggi. Ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan sering kali belimbing wuluh juga dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk meredakan beberapa penyakit.

Berikut ini, healthbenefitstimes dan netmeds merangkum lima manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang jarang diketahui.

1. Mengatasi diabetes

Manfaat pertama dari belimbing wuluh untuk kesehatan ternyata terdapat pada kandungan flavonoid dan serat yang tinggi di dalamnya. Kedua kandungan tersebut berkhasiat untuk mencegah kenaikan kadar gula darah, juga dapat membantu mengontrol insulin dalam tubuh. Agar terhindar dari gejala diabetes.

Rutin mengonsumsi minuman air rebusan belimbing wuluh juga dapat membantu anday menurunkan tekanan pembuluh darah, dengan melebarkan arteri, vena dan kapiler serta mengendurkan otot jantung, sebab kandungan antioksidan dan protein didalamnya.

2. Mengobati batuk

Selain flavonoid dan serat, belimbing wuluh kaya akan Vitamin C, dapat dimanfaatkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Meringankan batuk, flu, pilek, hingga demam yang menyerang tubuh.

Ekstrak belimbing wuluh juga sudah banyak dicampurkan sebagai sirup obat batuk. Bahkan dengan teratur meminum jus belimbing wuluh juga dapat membantu mengurangi alergi.

3. Mencerahkan wajah

Tak hanya mengatasi diabetes dan batuk, belimbing wuluh juga bermanfaat untuk kesehatan wajah. Kandungan Vitamin A dan C, juga asam oksalat didalamnya, dapat memberikan sifat antioksidan dan meningkatkan produksi kolagen. Hingga dapat mengatasi jerawat meradang, mengurangi flek hitam, juga membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Caranya cukup mudah, anda cukup rutin menggunakan masker wajah belimbing wuluh juga minum jus belimbing wuluh minimal 3 hari dalam seminggu.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium yang banyak terkandung dalam belimbing wuluh juga bermanfaat meningkatkan mineral secara efektif untuk menambahkan kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi.

Selain itu, fitonutrien yang memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi pada belimbing wuluh, bermanfaat untuk kesehatan lainnya seperti meredakan nyeri otot dan kram tanpa efek samping berbahaya.

5. Mengobati wasir

Ekstrak buah dan daun belimbing wuluh yang mengandung unsur anti inflamasi seperti tanin dan terpen, ternyata juga mampu mengurangi rasarasa sakit, peradangan ataupun pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum, juga pendarahan dan memperbaiki wasir.

Itulah kelima manfaat belimbing wuluh yang jarang diketahui. Namun perlu diingat, cukup konsumsi belimbing wuluh dengan bijak karena kandungan asamnya yang tinggi juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat belimbing wuluh, anda dapat mengonsumsinya dengan jumlah yang sedang. Selamat mencoba! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak