facebook

5 Manfaat Seledri yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Dehidrasi

Re Annisa
5 Manfaat Seledri yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Dehidrasi
Ilustrasi daun seledri (pixabay/ptanpm)

Seledri atau dikenal dengan nama latin Apium graveolens ini merupakan sayuran yang juga biasa digunakan sebagai obat. Meski biasanya daun seledri kerap dijadikan pelengkap dalam hidangan seperti soto atau bakso, nyatanya daun hijau keriting kecil ini menyimpan banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dengan kandungan antioksidan yang lumayan tinggi, seledri dapat berfungsi mengurangi kerusakan sel tubuh akibat proses oksidasi dan radikal bebas. Selain itu, seledri juga mengandung zat bernutrisi lain seperti vitamin K, folat, vitamin A, kalium, dan vitamin C, meski dalam jumlah yang kecil. Merangkum dari Alodokter dan Hellosehat berikut ini lima manfaat seledri bagi kesehatan tubuh. 

1. Mencegah peradangan

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari seledri adalah mencegah peradangan. Seledri memiliki kandungan apigenin yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan juga antioksidan yang dapat melakukan perlawanan terhadap radikal bebas penyebab kanker. 

Dari penelitian tahun 2015 diketahui bahwa apigenin dan makanan yang mengandung apigenin dapat membantu mengurangi peradangan sekaligus mengembalikan keseimbangan sistem imun yang melemah.

2. Menurunkan kadar kolesterol pada tubuh

Manfaat lainnya dari seledri adalah membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Pada penelitian tahun 2014 diketahui bahwa seledri memang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh.

3. Mencegah dehidrasi

Seledri termasuk dalam sayuran yang memiliki kandungan air lumayan tinggi. Bahkan, diketahui dari sebuah penelitian pada tahun 2011 bahwa kandungan air dalam seledri berkisar antara 90-99 persen. Oleh karena itu, mengonsumsi seledri dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

4. Mengurangi nyeri haid

Rasa nyeri atau kram pada saat atau menjelang menstruasi menjadi keluhan yang sering dialami wanita. Mengonsumsi banyak buah dan sayur, seperti seledri misalnya, mampu mengurangi nyeri haid. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi olahan yang mengandung biji seledri dengan beberapa campuran bahan lain dapat mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri saat menstruasi.

5. Melancarkan saluran pencernaan

Kandungan polisakarida berbasis pektin yang terdapat dalam seledri dapat membantu melancarkan saluran cerna, melindungi lapisan lambung dan menekan produksi asam lambung.

Itulah lima manfaat dari seledri. Seledri dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, jadi tidak ada salahnya mulai saat ini kita perlu mengonsumsi seledri untuk menjaga kesehatan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak