facebook

Sedang Jalani Program Hamil? Sebaiknya Hindari 5 Hal ini

Rosi be faro
Sedang Jalani Program Hamil? Sebaiknya Hindari 5 Hal ini
Ilustrasi berkonsultasi dengan dokter kandungan(pexels)

Bagi pasangan suami istri, kehadiran anak menjadi kado terindah yang selalu diimpikan di tengah-tengah lingkungan keluarga. Namun, keberhasilan dalam mendapatkan keturunan setiap orang berbeda-beda. Ada yang sudah beberapa hari menikah sudah dinyatakan positif hamil, tapi ada juga yang sampai berbulan-bulan bahkan tahunan belum juga dikaruniai oleh kehadiran sang buah hati.

Sehingga perlu adanya perhatian serta kesadaran pasangan untuk tetap berusaha dan tentunya dengan melakukan program kehamilan. Selain menjalani aturan dalam program kehamilan, Anda dan pasangan juga dituntut untuk menghindari hal-hal yang dilarang saat menjalani program hamil, agar peluang hamil juga menjadi lebih besar. Berikut merangkum dari alodokter, lima hal yang harus dihindari saat menjalani program kehamilan.

1. Olahraga berlebihan

Olahraga mampu membuat kondisi pasangan suami istri menjadi sehat dan bugar, namun saat menjalani program kehamilan sebaiknya Anda jangan terlalu memforsir secara berlebihan, dikarenakan hal tersebut akan berpengaruh bagi tingkat kesuburan. Bahkan berbagai riset menunjukkan jika olahraga berlebihan akan berefek berkurangnya tingkat kesuburan pasangan.

Dianjurkan untuk melakukan olahraga paling tidak setengah jam perhari dangan minimal 3 kali dalam seminggu. Dan untuk jenis olahraga, sebaiknya Anda dan pasangan menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masing -masing.

2. Hindari minuman berkafein dan beralkohol

Dalam sebuah riset, minuman yang mengandung kafein juga dapat mengurangi tingkat kesuburan. Anda dan pasangan sebaiknya mengurangi jumlah kafein dalam minuman harian Anda, paling aman jangan melebihi dua cangkir minuman berkafein. Selain itu, minuman yang beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan dan tingkat kesuburan.

3. Stres berlebihan

Saat menjalani program kehamilan, rasa stres sebaiknya dihindari, karena akan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan. Stres membuat gairah seks menjadi menurun, sehingga peluang untuk hamil menjadi kecil. Sebaiknya Anda dan pasangan harus bisa mengelola stres dengan mengalihkan ke hal-hal yang lebih positif.

4. Merokok

Merokok dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Jika Anda sedang menjalani program hamil, mulai saat ini sebaiknya jauhi rokok dan mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat.

5. Penggunaan botol plastik dengan BPA

Selain membahayakan bagi kesehatan tubuh, penggunaan botol plastik yang mengandung BPA juga mempengaruhi tingkat kesuburan, sehingga Anda dan pasangan harus bisa memilih botol minuman yang bebas dari BPA.

Itulah lima hal yang harus dihindari saat menjalani program kehamilan. Jika sudah melakukan hal-hal yang dihindari saat menjalani program kehamilan dan masih belum membuahkan hasil, sebaiknya Anda dan pasangan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak