facebook

Sering Mengganggu, Ini 6 Cara mengusir Kecoa Dari Rumah

Rosi be faro
Sering Mengganggu, Ini 6 Cara mengusir Kecoa Dari Rumah
ilustrasi kecoa (pexels)

Kecoak merupakan jenis serangga yang banyak ditemukan di berbagai sudut-sudut rumah, terutamanya di tempat-tempat yang kotor dan lembab. Bahkan berdasar American Lung Association, kecoak adalah hewan yang mampu memproduksi zat alergen atau zat yang memicu terjadinya alergi, baik itu alergi batuk, hidung tersumbat, maupun ruam pada kulit.

Sehingga sepatutnya Anda harus selalu menjaga rumah dari berbagai macam serangga, terutama macam kecoak. Merangkum dari hellosehat, berikut enam cara mengusir kecoak yang ada di dalam rumah.

1. Bersihkan sisa makanan yang sudah tidak dimakan

Saat makan sebaiknya jangan sampai ada sisa makanan yang tertinggal, karena kalau kita lupa membersihkannya maka sisa makanan tersebut akan memancing kecoak untuk datang dan memakannya. Selain itu, Anda harus rajin membuang sampah sisa makanan yang ada di dapur, karena sisa-sisa makanan tersebut juga bisa mengundang datangnya kecoak. 

2. Membuang sisa-sisa kardus

Kardus bekas biasanya menjadi tempat bersarang kecoak untuk bersembunyi bahkan bertelur. Sehingga Anda harus segera membuat kardus yang terlipat dan berserakan di rumah.

3. Rajin membersihkan rumah

Agar kecoak tidak tinggal di dalam rumah, sebaiknya Anda harus rajin-rajin membersihkan rumah terutama di sudut-sudut yang sulit untuk dijangkau, karena di tempat tersebut, kecoak akan tinggal dan berkembangbiak.

4. Gunakan produk insektisida

Menggunakan produk insektisida atau pembunuh serangga merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengusir dan membunuh kecoak dari sarangnya. Banyak bentuk dan merk yang bermacam-macam dari produk insektisida yang dijual di pasaran.

Anda bisa membeli produk insektisida yang praktis seperti penyemprot serangga. Anda hanya tinggal menyemprotkan produk serangga tersebut pada tubuh kecoak, tanpa butuh waktu lama kecoak-kecoak itu akan mati secara perlahan. Setelah itu, bersihkan sarang-sarang kecoak tersebut agar kecoak tidak datang kembali.

5. Bersihkan genangan air di rumah

Genangan air di rumah sebaiknya Anda bersihkan agar kecoak tidak datang untuk bersarang. Tempat tersebut merupakan tempat yang sering dihinggapi oleh kecoak karena kondisinya yang lembab dan kotor. 

6. Hubungi jasa pengusir hama

kecoak memang hewan yang menggelikan, sehingga sebagian orang akan merasa jijik untuk mengusirnya. Jika memang demikian, Anda bisa menyewa orang lain untuk mengusir hama kecoak.

Itulah enam cara mengusir kecoak di rumah Anda. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak