facebook

3 Efek Negatif Kebanyakan Makan Buah yang Jarang Diketahui, Nomor 1 Kerap Diabaikan!

Rosi be faro
3 Efek Negatif Kebanyakan Makan Buah yang Jarang Diketahui, Nomor 1 Kerap Diabaikan!
Ilustrasi makan buah (pexels)

Siapa yang tidak suka makan buah? Hampir setiap orang sangat menyukai buah-buahan. Selain rasanya yang segar, buah-buahan juga dikenal mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Misalnya seperti buah apel, jeruk, mangga, jambu, dan berbagai jenis buah lainnya. 

Namun, apa jadinya jika kita terlalu suka dan terlalu banyak memakan buah? Apa jadinya jika kita tidak bisa mengontrol dan berlebihan mengkonsumsi buah? Sebab, meskipun sehat, ternyata makan buah juga bisa memberikan efek negatif bagi tubuh, lho. Berikut ini, hellosehat merangkum tiga efek buruk dari kebanyakan makan buah-buahan.

1.  Gangguan pada pencernaan

Buah memang dikenal mampu melancarkan sistem pada pencernaan karena kandungan seratnya yang baik. Namun, kalau terlalu berlebihan akan memberikan efek negatif berupa gangguan pada sistem pencernaan, seperti sakit kembung, begah sampai pada keluhan diare. Itulah mengapa saat diare tidak boleh terlalu banyak makan buah, karena untuk mengurangi pergerakan pada usus.

Perlu diketahui bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan asupan buah untuk mencukupi kebutuhan gizinya, paling banyak sampai 30 gram per harinya. Namun, bagi yang sedang menderita diare sebaiknya kurangi asupan buahnya, ya.

2. Peningkatan gula darah pada penderita diabetes

Terlalu banyak makan buah juga tidak baik terutama bagi penderita diabetes. Kandungan gula alami yang terdapat pada buah memang baik sebagai sumber energi bagi tubuh, tapi bila kebanyakan makan buah juga bisa memberikan efek negatif, seperti meningkatkan kadar gula darah. Sehingga bagi penderita diabetes sebaiknya membatasi asupan buah agar tidak memperburuk kondisi penyakitnya.

3. Kekurangan zat gizi

Makan buah memang sangat baik untuk mencukupi asupan gizi pada tubuh. Namun, bagi Anda yang sangat fanatik terhadap buah dan tidak diimbangi dengan makanan yang bernutrisi lainnya, maka yang terjadi Anda akan kekurangan gizi. Makan buah boleh, tapi jangan lupa untuk memenuhi asupan gizi pada makanan yang lain.

Makanan empat sehat lima sempurna merupakan simbol untuk menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Jadi mulai sekarang, perhatikanlah jumlah asupan makanan Anda, jangan terlalu berlebihan dan yang paling penting harus beragam dan seimbang.

Itulah tiga efek negatif dari kebanyakan mengonsumsi atau makan buah-buahan. Dari ketiga efek buruk di atas, adakah yang pernah kamu rasakan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak